TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tekanan Darah Tinggi: Cara Mudah Menangani dan Mencegahnya

 


INSTINGJURNALIS.COM Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan ancaman serius bagi kesehatan yang dapat menyerang siapa saja tanpa gejala yang jelas, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara efektif untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cepat. Berikut ini adalah rangkuman beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi:


1. Latihan Otot Pernapasan: Latihan otot pernapasan, seperti yang disebutkan dalam Journal of the American Heart Association, dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam waktu singkat, hanya dalam tempo 5 menit. Cara ini dapat dilakukan dengan bernapas untuk memperkuat diafragma dan otot pernapasan, serta menjaga kesehatan jantung.


2. Mengatur Pola Makan: Mulailah dengan mengganti makanan yang mengandung gula dan karbohidrat dengan makanan seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak. Gula dapat meningkatkan tekanan darah secara cepat, sedangkan mengurangi konsumsi karbohidrat telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik setelah dilakukan selama 6 bulan.


3. Rutin Olahraga: Berbagai jenis olahraga seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Lakukan aktivitas ini secara rutin, 3 hingga 5 kali dalam seminggu, namun mulailah secara bertahap jika Anda sudah lama tidak berolahraga untuk mencegah cedera.


4. Menjaga Berat Badan Ideal: Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan tambahan pada arteri, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal sangat penting dalam mencegah tekanan darah tinggi.


5. Membatasi Konsumsi Garam: Batasi konsumsi garam, baik yang terdapat dalam masakan, camilan, makanan kaleng, maupun minuman ringan. Jumlah sodium yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga penting untuk menjalani diet rendah garam dengan mengonsumsi hanya 1500–2000 mg sodium per hari.


Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, Anda dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan tubuh tetap sehat, serta terhindar dari risiko hipertensi beserta komplikasinya.



Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP  

Komentar0