TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Diketuai Kepala BPKP, Inilah Daftar Nama Pansel Pimpinan KPK

 

INSTINGJURNALIS.COM Sembilan nama Panitia Selesai (Pansel) calon komisioner dan dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029, mulai mencuat usai Keputusan Presiden (Keppres) diteken Presiden Joko Widodo.


Mensesneg Pratikno menyebut sembilan nama itu terdiri dari lima orang dari pemerintah pusat dan empat orang lainnya dari unsur masyarakat sipil.


"Memang benar bapak Presiden sudah menandatangani lengkapnya adalah Keppres tentang panitia seleksi Pimpinan dan Dewas KPK. Jadi ini satu panitia sekaligus untuk seleksi Pimpinan KPK dan anggota Dewas KPK," kata Pratikno di Gedung Utama Kemensetneg, Jakarta, Kamis (30/5).


Pratikno menyebut Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sebagai Ketua Pansel, serta Rektor IPB sekaligus Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Arif Satria sebagai Wakil Ketua merangkap anggota.


"Ketuanya dari unsur pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam PP Nomor 4 tahun 2020," kata dia.


Kemudian untuk tujuh anggota lainnya yakni:


- Dr. Ivan Yustiavandana

- Nawal Nely

- Ahmad Erani Yustika

- Ambeg Paramarta

- Elwi Danil

- Rezki Sri Wibowo

- Taufik Rachman


Pratikno melanjutkan mereka akan bekerja secepatnya sebagai tindak lanjut Keppres dikeluarkan. Nantinya pansel akan bertugas melakukan seleksi terhadap para calon pimpinan KPK sebelum diproses DPR untuk tes uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.


"Kita harapkan Pansel secara optimal bekerja sebaik-baiknya untuk menentukan nama-nama yang dibawa dan diusulkan ke DPR," ujarnya. (CNN)


Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP  

Komentar0

Type above and press Enter to search.