BPBD Gandeng Dinkes Sinjai Gelar Posbindu PTM, Ada Tekanan Darah Tinggi!

02 August 2019 | 12:02 WIB

Bagikan:
BPBD Gandeng Dinkes Sinjai Gelar Posbindu PTM, Ada Tekanan Darah Tinggi!

INSTINGJURNALIS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai menggelar Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), Jumat (2/8/2019).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor BPBD, itu melibatkan lima orang tenaga kesehatan, empat Nakes dari Puskesmas Balangnipa dan satu orang dari Dinas Kesehatan Sinjai.

Koordinator Posbindu Puskemas Balangnipa, Hasdiana menuturkan Pos Pembinaan Terpadu ini merupakan salah satu strategi penting untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkawatirkan.

Apatalagi, berbagai penelitian menunjukkan bahwa trend tingkat kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal, dan lainnya) cenderung mengalami peningkatan.

"Dari 30 an orang yang memeriksakan diri, umumnya penyakit yang dominan dijumpai tim Posbindu adalah kolesterol, disusul tekanan darah tinggi," kata Hasdiana.

Sementara itu, Plt. Kepala BPBD Sinjai, Budiaman yang menyempatkan diri mengecek kondisi kesehatan mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan kesadaran para pekerja di lingkungan Pemkab Sinjai khususnya di BPBD Sinjai.

"Dengan adanya program ini kami merasa sangat terbantu dalam mendeteksi segala bentuk kondisi kesehatan para staff baik yang ASN maupun Non ASN," ujarnya.

Apalagi, pihaknya mengaku kadangkala lalai melakukan medical cek-up/pemeriksaan kesehatan baik secara pribadi apalagi keseluruhan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Itu dikarenakan kata Budiaman, kegiatan kantor yang begitu padat dalam tugas-tugas, sehingga jelas kadang lupa dan tidak sempat melakukannya.

Sehingga Budiaman berharap keberadaan Posbindu ini bisa berjalan secara efektif dan kontinyu, melakukan pengkaderan di staff dalam menanggulangi beberapa penyakit yang ada.

"Untuk itu, dengan adanya Posbindu di kantor ini seluruh Staff setidaknya dapat megetahui dan menanggulangi agar tidak menjadi parah,” Ungkapnya. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI