TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Meriahkan HUT RI, Pemkab Sinjai Gelar Festival Pangan Lokal

Meriahkan HUT RI, Pemkab Sinjai Gelar Festival Pangan Lokal

INSTINGJURNALIS.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai menggelar festival pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa, (13/8/2019).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai, Sulatn H. Tare menuturkan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi bahan pangan lokal.

Selain itu, untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dan ibu rumah tangga dalam menciptakan kreasi makanan hasil olahan pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong mewakili Bupati saat membuka kegiatan itu mengatakan, salah satu upaya dalam memperkuat pembangunan ketahanan pangan adalah dengan memperluas dan meningkatkan program penganekaragaman konsumsi pangan.

Dia menilai langkah ini merupakan salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan menuju kemandirian dan kedaulatan pangan, terutama pada tingkat individu, Rumah Tangga, dan daerah.

"Berdasarkan pada program Pemerintah Daerah dalam hal ketahanan pangan, maka Pemkab Sinjai berupaya untuk menjamin ketersediaan pangan yang cukup, baik dalam jumlah, mutu, merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat untuk hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan." kata Kartini.

Dalam Festival tersebut, setiap kecamatan menampilkan lomba hasil kreasi olahan makanan maupun cemilan dari bahan pangan lokal.


Loading...
Festival yang turut dihadiri Ketua Tim PKK Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto itu, menghasilkan juara sebagai berikut :

Juara I : Kecamatan Pulau Sembilan, Juara II : Kecamatan Bulupoddo, Juara III : Kecamatan Sinjai Utara.

Sementara juara Harapan I: Kecamatan Sinjai Tengah, Harapan II: Kecamatan Sinjai Timur dan Harapan III: Kecamatan Sinjai Borong. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.