Sukses Pertahankan Disertasi, Guru SMAN 3 Poso Asal Sinjai Raih Gelar Doktor di UNESA

8/08/2019 | 22:50 WIB

Bagikan:
Sukses Pertahankan Disertasi, Guru SMAN 3 Poso Asal Sinjai Raih Gelar Doktor di UNESA

INSTINGJURNALIS.com - Guru SMAN 3 Poso, Muhammad Danial, S.Pd.,M.Kes berhasil meraih gelar Doktor di Sekolah Pascasarjana Unesa Surabaya, Kamis, 8 Agustus 2019.

Pemuda berusia 33 tahun ini meraih gelar Doktor setelah mempertahankan disertasi berjudul "Pengaruh Pemberian Thiamine dan Criatine Monhydrate Terhadap Pemulihan Kadar Asam Laknat Darah dan Frekuensi Denyut Nadi".

Di depan penguji Prof. Dr. Hari Setijono, M.Pd, Prof. Dr. drg. Soetanto Hartono, M.Sc, Dr. Nining Widyah Kusnanik, M.Appl.Sc, Dr. Oce Wirtawan, M.Kes, Dr. Noortje Anita Kumaat, M.Kes, Dr. Edy Mintarto, M.Kes, Muhammad Danial menjelaskan hasil penelitiannya bahwa pemberian thiamine mempercepat penurunan denyut nadi pada fase awal pemulihan dan pemberian creatine mempercepat penurunan kadar asam laktat darah pada menit ke sembilan pemulihan setelah latihan atau berkompetisi pada atlet.

Menurutnya, manfaat dari hasil penelitian tersebut dapat memberikan kontribusi yang positif secara teoritis maupun secara praktis sehingga dapat dipergunakan oleh berbagai pihak, khususnya dalam bidang Ilmu Keolahragaan.

Muhammad Danial lahir di Sinjai Borong, 30 Juni 1986. Jenjang pendidikan dari SD hingga SMA diselesaikan di Sinjai, S1 pada jurusan pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi (Penjaskesrek) UNM dan S2 Ilmu Kesehatan Olahraga di Sekolah Pascasarjana UNAIR Surabaya.

Pada S3 konsentrasi Ilmu Keolahragaan di Sekolah Pascasarjana Unesa Surabaya. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI