Terobosan Bupati Andi Seto di Bidang Pendidikan, Apa Saja?

12/24/2019 | 22:10 WIB

Bagikan:
Terobosan Bupati Andi Seto di Bidang Pendidikan
Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa. Handover

INSTINGJURNALIS.com -
Tak terasa, masa jabatan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dan Wakilnya Hj. Andi Kartini Ottong sudah berjalan setahun sejak dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di Baruga Andi Pangerang Pettarani Universitas Hasanuddin Makassar pada 26 September 2018 lalu.

Selama itu pula banyak kritik, saran, dan apresiasi datang dari berbagai kelompok masyarakat kepadanya, seiring berjalannya roda pemerintahan melalui kebijakan yang sudah dilakukan maupun sedang dikerjakan.

Perlahan duet pasangan ini mampu melewati masa-masa sulit dan memberikan keyakinan kepada masyarakat di Bumi Panrita Kitta. Selama satu tahun kepemimpinannya, mereka menggagas dan melakukan banyak hal untuk meraih visi Terwujudnya Masyarakat Sinjai yang Mandiri Berkeadilan dan Religius Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berdaya Saing.

Program-program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat sudah pasti telah tersusun, disamping pada janji politik, baik Andi Seto maupun Andi Kartini berupaya keras mengaplikasinnya.

Salah satu dari berbagi terobosan yang dilahirkan, serta jadi perhatian sosok pemimpin muda itu, adalah sektor pendidikan. Di berbagai kesempatan, Andi Seto menekankan bahwa, Pendidikan merupakan hal yang strategis di dalam sebuah proses pembangunan. Oleh sebab itu pemerintah secara terus menerus meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat.

[CUT]

Selain itu, Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan merupakan suatu faktor kebutuhan dasar untuk setiap manusia sehingga upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, karena melalui pendidikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan.

Pendidikan juga mempengaruhi secara penuh pertumbuhan ekonomi suatu Negara (daerah). Hal ini bukan saja karena pendidikan akan berpengaruh terhadap produktivitas, tetapi juga akan berpengaruh terhadap fertilitas masyarakat. Pendidikan dapat menjadikan sumber daya manusia lebih cepat mengerti dan siap dalam menghadapi perubahan dan pembangunan suatu daerah.

Oleh karena itu, diawal pemerintahan Andi Seto-Kartini, memprogramkan bantuan seragam sekolah gratis bagi siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se- Kabupaten Sinjai.

Pembagian seragam sekolah gratis telah dirasakan manfaatnya para siswa baru di Sinjai. Dengan begitu, Pemkab Sinjai berharap dapat meningkatkan sekaligus menunjang kualitas pendidikan di bumi panrita kitta. Sebab, program ini sebagai bentuk kepedulian Bupati Andi Seto Gadhista Asapa terhadap dunia pendidikan di Sinjai.

"Program pemberian perlengkapan sekolah dalam rangka meningkatkan minat anak sekolah dan meringankan beban orang tua siswa terkhusus murid yang baru masuk sekolah di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama," ujar Andi Seto saat menyerahkan seragam sekolah itu beberapa waktu lalu.

[CUT]

Tak hanya itu, Perhatian Bupati terhadap pendidikan tidak tehenti sampai disitu. Terbukti dari alokasi anggaran juga disiapkan untuk beasiswa. Tak ayal, Pemkab Sinjai telah menganggarkan pemberian beasiswa dan bantuan mahasiswa berprestasi sebesar Rp1,7 miliar lebih.

Program pemberian beasiswa berprestasi ini diperuntukkan bagi jenjang Strata Satu (S1), Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Sesuai dengan misi yang dijabarkan dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berlandaskan iman dan taqwa.

Peran aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar SDM yang dihasilkan dapat menjadi sumber dalam pembangunan, Bupati Sinjai juga memberikan perhatian penuh kepada bagi Guru Tidak Tetap (GTT) non Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai. Bupati memberikan insentif bagi guru Non ASN.

Menurut, alumnus Monash University Melbouene Australia ini, apa yang telah dicapai selama satu tahun itu akan terus ditingkatkan agar dapat menyentuh kepentingan seluruh lapisan masyarakat di kabupaten tersebut.

Dirinya juga berharap dukungan dari semua pihak agar dalam menjalankan roda pemerintahan serta mewujudakan visi misi pemerintah kabupaten Sinjai dapat dilakukan dengan baik.

(Redaksi)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI