Posyandu Dusun Bisokeng Dapat Bantuan ADD Untuk PMT

1/07/2020 | 11:35 WIB

Bagikan:
Posyandu Dusun Bisokeng Dapat Bantuan ADD Untuk PMT
Puluhan balita mendapat pelayanan posyandu Dusun Bisokeng, Desa Sinjai, Kecamatan Sinjai Timur

INSTINGJURNALIS.com - Tahun ini Posyandu Dusun Bisokeng, Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai mendapat bantuan dana dari Anggaran Dana Desa (ADD). Suntikan dana tersebut untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita.

Demikian diungkapkan Ketua Kader Posyandu Bisokeng, Rosmani disela pelayanan Posyandu yang diikuti puluhan bayi balita dan ibu-ibu di rumah Kepala Dusun Bisokeng, Selasa (7/1/2020).

Dikatakan, dalam pemberian makanan tambahan pihaknya mendapat bantuan dana dari Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Sanjai.

Meski dia tidak merinci jumlah kucuran dana dari ADD tersebut, namun hal itu sangat membantu dalam pemenuhan gizi balita.

"Alhamdulillah tahun ini kami mendapat bantuan dana dari ADD Desa Sanjai untuk pemberian makanan tambahan ini," katanya bersyukur.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam Pemberian Makanan Tambahan penyuluhan itu dilakukan setiap bulan di posyandu Bisokeng.

"Tiap bulan kami ganti menunya, agar anak-anak tak bosan. Tapi kami tetap mempertahankan unsur lokal dan kandungan gizinya," ujarnya.

Rosmani menambahkan, untuk memantau dan memastikan perkembangan balita, Posyandu Dusun Bisokeng, rutin memberikan pelayanan.

Pelayanan yang diberikan yakni, mengukur berat badan, imunisasi, SDIDTK, pemeriksaan kepada ibu hamil, hingga pemberian makanan tambahan (PMT) dan penyuluhan.

Rosmani mengatakan, PMT adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.
Serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.

"PMT ada dua macam yaitu, PMT pemulihan dan penyuluhan. Memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh balita," kata Rosmani.

Untuk PMT Penyuluhan adalah makanan tambahan yang diberikan kepada balita yang disediakan oleh kader posyandu. Tujuan PMT Penyuluhan adalah sebagai sasaran penyuluhan kepada orang tua balita tentang makanan kudapan (snack) yang baik diberikan untuk balita.

"Ini sebagai sarana untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi balita, dan sebagai sarana untuk menggerakkan peran serta masayarakat dalam mendukung kesinambungan penyelenggaraan posyandu," tandas Rosmani.

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI