Asteroid Raksasa Bakal Melintasi Bumi

3/12/2020 | 23:03 WIB

Bagikan:
Asteroid Raksasa Bakal Melintasi Bumi

INSTINGJURNALIS.com - Asteroid raksasa akan melintasi Bumi pada 29 April. Batu antariksa yang digambarkan berukuran setengah Gunung Everest itu dapat dilihat dari Bumi saat mendekati planet manusia.

Nama resmi asteroid itu adalah 1998 OR2. Asteroid itu akan melewati Bumi dengan jarak terdekat 3,9 juta mil. Meski jauh, tetapi jarak itu cukup dekat untuk dianggap sebagai "objek Bumi dekat" (NEO) oleh NASA.

Badan antariksa dan penerbangan AS itu menganggap apa pun yang lewat dalam 120 juta mil dari Bumi sebagai NEO.

Asteroid 1998 OR2 dapat terlihat dari Bumi dengan melintas dengan menggunakan teleskop. Bagi yang tidak memiliki teleskop, melintasnya asteroid itu tetap dapat disaksikan secara online yang akan disiarkan Proyek Teleskop Virtual di Roma dengan menyelenggarakan tontonan publik gratis pendekatan asteroid tersebut.

NASA menemukan sekitar 30 NEO setiap minggu. NASA menjelaskan, "Para ahli memperkirakan bahwa dampak dari objek seukuran yang meledak di Chelyabinsk, Rusia, pada 2013 - sekitar 55 kaki (17 meter) - terjadi sekali atau dua kali seabad."

"Dampak benda yang lebih besar diharapkan jauh lebih jarang (dalam skala berabad-abad hingga ribuan tahun). Namun, mengingat ketidaklengkapan katalog NEO saat ini, dampak yang tidak terduga - seperti acara Chelyabinsk - dapat terjadi kapan saja."

BACA SELENGKAPNYA : Asteroid Berukuran Setengah Gunung Everest Melintas, Bisa Terlihat dari Bumi

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI