Kepala Puskesmas Manipi Pantau Kesehatan Warga Lansia

4/21/2020 | 01:45 WIB

Bagikan:

INSTINGJURNALIS.com - Dr.Vera Nopita Silalahi, bersama sejumlah petugas PKM Manipi, telah memantau kesehatan masyarakat Kecamatan Sinjai Barat, yang kondisinya sudah mengalami lanjut usia, (Lansia).

Kegiatan ini dilakukan untuk memantau warga Lansia yang dikwatirkan beresiko tinggi, khususnya dengan situasi Pandemi Covid-19 yang semakin mewabah di sejumlah daerah.

Kepala PKM Manipi, Dr.Vera Nopita Silalahi, yang dihubungi beritabersatu.com, menyampaikan bahwa mengingat kondisi para Lansia sangat rentan tertular berbagai macam penyakit, baik virus serta bakteri, maka sangat penting bagi pihak petugas PKM Manipi untuk memeriksa kondisi kesehatan para Lansia tersebut sekaligus memberikan edukasi tentang pola hidup sehat.

“Tadi siang kami telah mengunjungi enam orang yang sudah Lansia, dan tiga orang diantaranya Lansia resiko tinggi. Mereka tinggal di Desa Gunung Perak, Dusun Lembang Sihalia, Dusun Batu Leppa dan Dusun Lembanna Kecamatan Sinjai Barat. Dalam kondisi pandemi saat ini untuk sementara Puskesmas tidak melakukan pelayanan terhadap Lansia di Poli rawat jalan. Sehingga kami yang mengunjungi mereka,” ungkap Dr.Vera.

Dokter muda ini juga menyebutkan bahwa kegiatan yang dilakukannya itu adalah merupakan bentuk dukungan dan perhatiannya terhadap warga Lansia, dimana menurutnya, dalam kondisi Pandemi seperti saat ini, sebaiknya warga Lansia tersebut harus lebih banyak menghabiskan waktu untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi aktivitas di luar.

“Hal ini sudah menjadi perhatian utama bagi kami di wilayah kerja PKM Manipi. Khususnya bagi orang berusia di atas 60 tahun dan yang memiliki masalah kesehatan mendasar, seperti penyakit jantung atau paru-paru, hipertensi, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah,”

“Orang lanjut usia dengan kondisi medis yang parah, tentunya memiliki resiko tinggi terpapar, dan dua kali lipat lebih tinggi terkena penyakit atau gejala yang serius akibat Covid-19,” jelas Dr.Vera kepada beritabersatu.com, Senin (20/04/2020).

Sejumlah warga yang tinggal di kaki Gunung Bawakaraeng itu, merasa terharu dan berterima kasih atas kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh petugas PKM Manipi di tengah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, PJ Program Lansia, Dokter, PJ Dusun, Petugas Laboratorium dan Petugas Apotik.

Adapun himbauan PKM Manipi tentang cara pencegahan agar tak tertular virus Corona, yakni :

1. Cuci tangan sebelum memegang mulut, hidung dan mata, dan juga setelah menyentuh tempat-tempat umum.

2. Mencuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun cair, dan bilas hingga 20 detik.

3. Menggunakan masker saat bepergian keluar rumah terutama saat sedang sakit.

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI