TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Bupati Minta Camat Proaktif Bantu Petugas Medis Lakukan Tracking


INSTINGJURNALIS.com – Pasca mengumumkan tujuh pasien positif corona virus disease 2019 (Covid-19), Gugus Tugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai langsung melakukan langkah cepat dengan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama unsur Forkopimda guna mengambil tindakan yang harus dilakukan.

Rapat Koordinasi via video conference itu berlangsung di Hotel Sinjai yang di pimpin langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) diikuti para Camat se-Kabupaten Sinjai, Jumat (1/5/2020) malam.

Dalam arahannya kepada Para Camat Bupati ASA meminta agar sirkulasi pendatang dapat terdeteksi secara dini, khususnya bagi masyarakat yang pernah kontak langsung dengan pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

Oleh karena itu, koordinasi dengan instansi terkait dan para Camat sangat dibutuhkan untuk melakukan pelacakan terhadap orang yang telah kontak terhadap pasien positif corona.

“Kami harap untuk membantu petugas kesehatan untuk melakukan tracking khusunya bagi warga yang pernah kontak dengan pasien,” tandas Bupati ASA.

Yang terpenting kata dia, bagaimana juga melakukan edukasi kepada masyarakat dan terkhusus kepada keluarga dekat pasien.

“Penting untuk dilakukan kerja sama terhadap semua elemen untuk melakukan tracking,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu.

Sementara itu, Camat Sinjai Selatan, Agus Salam melaporkan mengenai beberapa langkah yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kecamatan bersama dengan beberapa pihak dalam melakukan penelusuran terhadap warganya yang pernah kontak langsung dengan pasien dan upaya mengedukasi terhadap orang tua dan keluarga pasien.

Pada dasarnya, ketus Agus pihaknya siap menjalankan instruksi dari Gugus Tugas Kabupaten dalam melakukan deteksi dini. Termasuk, untuk pembatasan wilayah.

“Kami laporkan bahwa, bersama dengan Pemerintah Desa, Polsek dan Danramil telah melakukan rapat pasca adanya informasi mengenai salah seorang warga Sinjai Selatan yang dinyatakan positif covid-19 dan telah bersepakat untuk bagaimana melakukan pembatasan wilayah,” terang Agus.

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.