TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Bupati Sinjai Sapa Peserta Didik Baru Via Daring

Bupati Sinjai Sapa Peserta Didik Baru Via Daring

INSTINGJURNALIS.com - Tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai hari ini. Ribuan siswa baru di tingkat SD dan SMP mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Hanya saja, karena siswa masih mengikuti pembelajaran dari rumah, MPLS juga dilakukan secara virtual.

MPLS secara virtual ini turut dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai. Kegiatan ini bertajuk 'Live Event Bupati Menyapa Peserta Didik Baru', Senin (13/7/2020).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa menyatakan bahwa secara umum ada tiga metode dan belajar dari rumah yang akan diterapkan selama pandemi Covid-19 ini, yaitu pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring) dan melalui kombinasi dari daring maupun luring.

"Adapun sekolah dan peserta didik yang tidak mampu melaksanakan pembelajaran secara daring maka dapat melaksanakan secara luring atau kombinasi dengan mengunjungi rumah masing-masing siswa ini karena belum seluruhnya rumah siswa terjangkau jaringan inernet," kata Andi Jefrianto.

Melalui metode ini kata dia, membuktikan peran Guru, Kepala Sekolah dan Dinas Pendudikan juga besar dan berjalan di era pandemi Covid-19.

"Walau kami bukan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 tetapi kami merupakan benteng bagi bangsa ini kedepan," pungkasnya.

MPLS virtual ini juga diikuti oleh orang tua peserta didik, peserta didik,  Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan mulai dari tingkat PAUD hingga SMP Se-Kabupaten Sinjai.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi term pada microsoft office 365 serta ditayangkan melalui youtube dan facebook ini diikuti sekitar 9 ribu orang.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa menyampaikan bahwa diawal tahun ajaran biasanya menjadi momentum percepatan peningkatan mutu suasana belajar agar lebih maju dan trendi, namun dimasa pandemi ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan terkhusus di Sinjai.

"Suatu kesyukuran dan kebetulan kita sudah lakukan kerjasama dengan PT Microsoft Indonesia sebelum pandemi. Dan ini sangat dibutuhkan dimasa pandemi ini dalam memanjukan pendidikan dan bermanfaat dimasa covid yang lebih banyak menggunakan secara daring. Olehnya itu terima kasih kepada PT Microsoft Indonesia yang peduli dengan pengembangan pendidikan di Sinjai," ucapnya.

Bupati ASA berharap kepada Pengawas, Kepala Aekolah Guru maupun tenaga kependidikan agar selama pandemi ini bisa meningkatkan inovasinya dalam memberikan pelayanan secara utuh kepada masyarakat terkhusus kepada peserta didik.

"Metode belajar saat ini ini tidak dilakukan secara normal sehingga butuh inovasi untuk meningkatkan  mutu pendidikan di Sinjai. Olehnya itu siswa diharapkan bisa mengikuti trend belajar seperti ini," harapnya. (*)

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.