TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Fenomena Baru, Tjahjo Kumolo Sebut Banyak ASN Punya Suami Lebih dari Satu

ISTINGJURNALIS.Com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, menyebutkan adanya fenomena pelanggaran baru yang dilakukan oleh Aparat Sipil Negara (ANS). Sejumlah ASN disebut-sebut memiliki suami lebih dari satu alias poliandri.

Fenomena ini disampaikan Tjahjo Kumolo, Jumat (28/08/2020) saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Solo. Tjahjo banyak bercerita terkait reformasi birokrasi dan beberapa pelanggaran yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kalau zaman Pak Harto (Presiden Soeharto) dulu ASN enggak boleh punya istri dua. Kalau mau nekat pun syaratnya sangat berat. Sekarang pun syaratnya harus ada izin tertulis istri dan izin pimpinan. Saya juga banyak memutuskan perkara pernikahan, tetapi ASN wanita yang punya suami lebih dari satu. Ini fenomena," katanya.

Menurut dia, dalam setahun ini, ada sekitar lima laporan kasus poliandri. Untuk memutuskan masalah tersebut, ia harus bekerjasama dengan beberapa pihak. Yakni Badan Kepegawaian Nasional hingga Kementerian Hukum dan HAM.

"Dalam rangka menyelesaikan masalah keluarga, kita tidak mau hanya katanya, tidak mau pengaduan dari temannya. Tetapi harus ada bukti dari suami atau istri," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo juga menyinggung pelanggaran terkait radikalisme, narkoba hingga korupsi. Kepada para pelanggar tersebut dikenakan sanksi mulai dari nonjob hingga pemecatan. Sedangkan pelarangan poligami bagi ASN pria, sanksinya adalah dinonjobkan.

(Satria)

Type above and press Enter to search.