TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

20 Rumah Warga Kurang Mampu di Sinjai Bakal Dibedah Tahun Ini

20 Rumah Warga Kurang Mampu di Sinjai Bakal Dibedah Tahun Ini
Salah satu rumah warga Syarul, di Lingkungan Bontomangape, Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe yang akan dibedah

 

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak 20 unit rumah bagi warga kurang mampu di Kabupaten Sinjai bakal dibedah tahun ini. Program bedah rumah dimasa pandemi Covid-19 bakal menyasar enam Kecamatan yang ada di Bumi Panrita Kitta.


Masing-masing, Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Tellulimpoe,  Sinjai Borong, Sinjai Selatan dan Sinjai Tengah. 


Program yang dicanangkan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sinjai dalam waktu dekat ini bakal di launching. Untuk tahap pertama sebanyak enam unit rumah.


Ketua Baznas Sinjai Ahmad Muzakkir mengatakan, setiap rumah dialokasikan anggaran sebesar Rp20 juta. Dalam proses pekerjaannya melibatkan aparat TNI dan Polri. Meskipun dalam suasana pandemi, jumlah rumah yang akan dibedah meningkat dibanding tahun 2019 yang telah melakukan bedah rumah untuk 14 unit rumah. 


"Seperti tahun lalu, Bedah rumah kita mulai di bulan September,  hal ini karena cuaca saat ini sudah memasuki musim kemarau sehingga kita harap semuanya bisa berjalan dengan maksimal," kata Muzakkir, Rabu (23/9/2020).


Dikatakan, sumber dana ini merupakan zakat dan infak dari para mustahik yang ada di Kabupaten Sinjai. Dalam laporan per bulan Juni atau semester pertama tahun 2020, total pengumpulan zakat yang dilakukan Baznas Sinjai sebesar 400 juta ditambah pengalihan dana dari tahun 2019.


"Ada sedikit trend kenaikan dibanding tahun lalu. Pasca ramadhan rata-rata zakat yang terkumpul sebanayak Rp80 juta tiap bulan," jelasnya. 


Ahmad Muzakkir menambahkan donatur zakat ini dominan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Sinjai, baik dari instansi vertikal maupun Instansi Pemkab Sinjai. 


"Sudah ada 14 instansi yang secara rutin mengumpulkan zakat hartanya melalui Baznas Sinjai dan berdasarkan informasi, dalam waktu dekat beberapa instansi lain juga akan menyetor zakatnya seperti dari Sekretariat DPRD termasuk didalamnya seluruh anggota DPRD dan juga dari Sekretariat Daerah Sinjai, " bebernya. (*)


Editor : Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.