Update 2 September: 33 Pasien Sembuh Dari Corona di Sinjai

9/02/2020 | 15:50 WIB

Bagikan:

 

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak 33 pasien Covid-19 di Kabupaten Sinjai dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Kabar baik ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani saat melepas pasien tersebut, Rabu (2/9/2020) di Hotel Sinjai.


"Dari 33 pasien yang sembuh, 32 diantaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Balangnipa dan 1 orang pelajar," kata drg. Arin sapaannya.


Dia mengatakan, setelah dinyatakan sembuh 32 tenaga kesehatan ini sudah bisa melaksanakan tugas kembali namun pihaknya memberi kesempatan untuk memulihkan kondisinya dalam satu atau dua hari kedepan. 


Menurutnya, banyak tenaga kesehatan yang terpapar positif Covid-19 di Sinjai dapat menjadi pembelajaran bagi seluruh nakes dalam memperkuat manajemen resiko di lingkungan Puskesmas terutama dalam pencegahan pengendalian infeksi (PPI). 


"Kemarin sudah dilakukan pelatihan dan kita tunjuk PPI di masing-masing Puskesmas untuk melihat hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki mulai dari alur pasien,  kewaspadaan universal hingga kedisiplinan penggunaan alat pelindung diri serta kepatuhan pada prosedur yang ada," jelasnya. 


Sementara itu berdasarkan hasil sampel uji laboratorium pada hari ini dari 37 sampel yang keluar tidak ada penambahan pasien baru yang dinyatakan positif Covid-19. 


"Dari 37 sampel itu, 36 hasil swabnya negatif sedangkan 1 pasien hasil swab follow up masih positif, jadi yang positif itu merupakan pasien lama, " ujarnya. 


Hingga saat ini pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan atau isolasi sebanyak 30 orang, mereka tersebar di Hotel Sinjai,  Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai dan juga ada yang menjalani isolasi mandiri. 


Pemulangan pasien sembuh ini turut dihadiri oleh Tim medis Hotel Sinjai dr. Aliawati Albek dan dr. Syamsul Bahri Akhas serta Penanggung Jawab Ruang Perawatan Hotel Sinjai Bahraeni Bakri.


Hingga saat ini, 290 orang pasien telah dinyatakan sembuh dari jumlah 321 kasus.


Editor : Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI