TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Dana Desa dan ADD di Sinjai Cair, Kadis PMD: Tergantung Kelengkapan Dokumen Pencairan

 

INSTINGJURNALIS.COM  Proses pencairan Dana Desa (DD) di Bumi Panrita Kitta' julukan daerah Kabupaten Sinjai tahun 2024 lancar. Untuk tahap pertama saja, sebanyak 11 desa telah melakukan pencairan DD yang bersumber dari APBN.


Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai, Dr. Yuhadi Samad, Minggu (24/3).


Yuhadi menjelaskan pencairan DD yang dilakukan dua tahap di tahun 2024, terbilang normal. Dari total Rp61,231 miliar lebih pagu DD tahun 2024, saat ini telah tersalurkan sebanyak Rp5.836 miliar lebih kepada 11 desa.


11 desa yang dimaksud, diantaranya Desa Terasa, Gantarang, Botolempangan, Gunung Perak, Arabika, Saotengah, Saohiring, Bua, Massaile, Tongke-tongke, dan Padaelo.


"Kalau pencairan DD kita di Sinjai Alhamdulillah lancar. Bahkan sudah 11 desa yang kita cairkan langsung ke rekening desa masing-masing," pungkasnya.


Belum lagi kata mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, ini bahwa sejumlah desa juga mulai mengusulkan pencairan DD tahap pertama hingga pekan terakhir bulan Maret ini.


Total ada 5 desa yang saat ini juga mengusulkan pencairan DD tahap pertama, yakni Desa Barania, Pulau Harapan, Sanjai, Sukamaju, dan Pulau Persatuan.


"Belum lagi besok (Senin 25 Maret) sudah ada lagi desa yang mengusulkan pencairan DD tahap pertamanya," sambungnya.


Menurut Yuhadi, kondisi pencairan DD lancar tergantung kesiapan desa yang untuk melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan.


"Kami tegaskan pencairan DD kita normal, selama pengajuan berkasnya lengkap kita register untuk diajukan ke BKAD, dan selanjutnya ke KPPN untuk segera dicairkan," tambahnya.


Selain DD, Yuhadi turut membeberkan untuk Alokasi Dana Desa (ADD), saat ini sudah ada 8 desa yang telah melakukan pencairan. Dan, dua desa untuk penghasilan tetap (Siltap) Pemerintah Desa, baik tunjangan BPD, insentif RT/RW, dan Kader Desa.


"Alhamdulillah saat ini sudah 8 desa yang telah melakukan pencairan ADD, sedangkan untuk Siltap 2 desa. Saat ini juga 22 desa sudah register ADD di PMD, tinggal pengajuan ke BKAD," jelasnya.


Terpisah, Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah menyampaikan terima kasih kepada desa yang telah melakukan pencairan dananya baik DD, ADD mapping penghasilan/siltap. Sementara yang belum melakukan pencairan agar segera mengusulkan.


"Terima kasih teman-teman Kepala Desa yang telah melakukan pencarian DD, ADD dan Siltapnya dan yang belum untuk segera mengajukan pencairan dengan melengkapi kelengkapan pencairan sesuai aturan yang ada," ujar T.R begitu sapaan akrabnya.


Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP  

Komentar0