TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab Sinjai Keruk Drainase Dalam Kota, Antisipasi Banjir

 

INSTINGJURNALIS.COM -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengerahkan alat berat untuk melakukan pengerukan drainase di sejumlah titik di dalam kota Sinjai, Jumat (3/5/2024).


Dari pantauan media ini, pengerukan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah bersama Dandim 1424 Sinjai, Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi.


Titik yang menjadi fokus utama adalah perempatan jalan Dr. Hamka, Jenderal Sudirman dan Jalan Tondong. Wilayah ini menjadi langganan banjir saat hujan turun.


Pengerukan dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir  mengingat curah hujan tinggi akhir-akhir ini.


Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, mengatakan pengerukan saluran drainase dilakukan guna mengantisipasi terjadinya banjir yang menggenang diruas jalan.


"Jadi ini kita lakukan untuk mengantisipasi banjir disaat hujan turun. Apalagi di lokasi ini khususnya di perempatan Jalan Dr Hamka dan Jenderal Sudirman sudah menjadi titik banjir yang perlu segera ditangani", Ujarnya. 


Ia berharap dengan adanya pengerukan saluran drainase, ini dapat meminimalisir dampak genangan air dalam wilayah Kota Sinjai. 


"Inshaa Allah, besok kita akan turun lagi dengan menyisir titik - titik yang rawan terjadi banjir," Tambahnya.


Selain pembersihan dan pengerukan saluran air (Drainase), juga dilakukan pemangkasan pohon yang terlalu rindang, khususnya yang berada di tepi jalan umum. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.


"Pohon yang terlalu rindang itu kita pangkas bahkan pohon yang berpotensi tumbang itu kita tebang saja demi menjaga keselamatan warga", Sambung Pj Bupati Sinjai.


Dengan kondisi curah hujan yang tinggi akhir - akhir ini, Pj Bupati Sinjai mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana banjir, tanah longsor dan pohon tumbang terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor dan di bantaran sungai.


Selain pengerukan dengan menggunakan alat Escavator milik Dinas PUPR Sinjai,  juga dilakukan pembersihan saluran drainase oleh petugas kebersihan dibantu aparat TNI Kodim 1424 Sinjai.  


Tampak pula sejumlah Kepala OPD, seperti Kadis PUPR Sinjai, H. Haris Ahmad, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai, H. Safwan Sabirin, Kadis Perhubungan  Sinjai, Akbar, Kadis Perindag, Muh. Saleh dan juga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sinjai. (*)



Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP  

Komentar0