Langkah Pemkab Sinjai Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

10/21/2020 | 20:17 WIB

Bagikan:

 Langkah Pemkab Sinjai Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

INSTINGJURNALIS.com - Lahirnya Peraturan Bupati (Perbup)  dan Peraturan Desa (Perdes)  terkait peningkatan layanan kesehatan Ibu dan Anak merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam upaya menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Bumi Panrita Kitta.


Demikian dikemukakan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam acara serah terima fasilitas program implementasi solusi lokal dari United States Agency for International Development (USAID)  Jalin ke Pemkab Sinjai, Rabu (24/10/2020) 


Dengan begitu, ASA berharap regulasi yang dilahirkan ini bisa direplikasi dengan baik oleh seluruh desa yang ada di Sinjai sehingga upaya menurunkan AKB dan AKI bisa berjalan maksimal sesuai target yang ingin dicapai. 


Selain regulasi yang telah dibuat kata Bupati ASA, Pemkab Sinjai juga melalui berbagai kegiatan dan program fisik maupun non fisik diharapkan dapat mendorong penurunan angka AKB dan AKI di Sinjai. 


"Kita punya harapan di Sinjai dalam waktu singkat bisa menjadi Kabupaten percontohan di Sulsel bahkan di tingkat nasional khususnya dalam upaya menekan AKB dan AKI. Tentu semua ini bisa berjalan dengan baik, dengan pelibatan seluruh OPD dalam membuat program yang mendukung upaya tersebut," ungkapnya.


Upaya peningkatan kesehatan dalam pemenuhan hak hidup sehat ibu dan bayi di kabupaten Sinjai memang terus dilakukan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan bekerjasama USAID untuk menekan AKB dan AKI.


Kerjasama ini meliputi pembuatan regulasi serta peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia bagi Bidan, Kader Posyandu serta mengedukasi masyarakat. (*)


Editor : Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI