TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab Sinjai Sambut Baik Konvergensi Penanganan Stunting Tingkat Provinsi

Pemkab Sinjai Sambut Baik Konvergensi Penanganan Stunting Tingkat Provinsi


INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten Sinjai mengikuti pertemuan Koordinasi, Intervensi dan Integrasi (Konvergensi) penanganan stuntingyang digelar Pemprov Sulsel di Ballroom Hotel Four Point By Sheraton, Makassar, Rabu (7/10/2020).


Konvergensi yang juga diikuti beberapa kepala OPD dari 11 Kabupaten di Sulsel resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Dr Abd. Hayat.


Dia mengatakan, pertemuan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Provinsi Sulsel dalam upaya percepatan penurunan stunting di berbagai Kabupaten/kota di Sulsel. 


"Penanganan Stunting ini merupakan salah satu program priotas Gubernur Sulsel di bidang kesehatan karena mengingat prevalensi kasus stunting di Sulsel asih tinggi dibanding prevalensi rata-rata nasiona srhingga memang perlu komitmen darumua pihak dalam melakukan intevensi," ucapnya. 


Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai Dr. H. Mukhlis Isma menyambut baik adanya kegiatan ini karena menjadi sarana bagi seluruh daerah untuk mengatasi permasalahan stunting. 


Lebih lanjut dikatakan, ada beberapa langkah yang menjadi acuan penanganan sunting di Sinjai mulai dari analisis situasi,  penyusunan rencana kegiatan, rembuk stunting hingga aksi kongkrit dilapangan. 


"Dalam penanganan stunting ini kita mulai dari penyuluhan,  penanganan secara langsung disetiap rumah penduduk yang memiliki anak rentan terkena stunting, melakukan pemeriksaan ibu hamil, menyiapkan gizi yang baik untuk balita dan anak serta mendorong pemanfaatan pekarangan rumah dan sumber daya alam yang ada di desa untuk penangnaan stunting," jelasnya. 


Untuk diketahui, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk seusianya. Karenanya Presiden RI memberi perhatian khusus untuk pencegahan stunting dengan menjadikan pencegahan stunting menjadi prioritas nasional.


Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari hingga Jumat tanggal 9 Oktober 2020 ini tutut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsrl dr. Muh. Ichsan Mustari, Kepala Bapelitbangda Sulsel serta diikuti oleh beberapa kepala OPD dari 11 Kabupaten di Sulsel. 


Sedang, Perwakilan dari Kabupaten Sinjai sendiri dihadiri 

oleh Asisten Pemeribtahan dan Kesra Setdakab Sinjai Dr. H. Mukhlis Isma,  Kepala Bappeda Sinjau A. Ilham Abubakar,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai Drs. Yuhadi Samad dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sinjai drg. Farina Irfani. (*)


Editor : Satria


Komentar0

Type above and press Enter to search.