TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Melalui Program Pamsimas, Warga Desa Kompang Nikmati Air Bersih

 

Melalui Program Pamsimas, Warga Desa Kompang Nikmati Air Bersih

INSTINGJURNALIS.com - Berkat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) warga di Desa Kompang Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai kini sudah bisa menikmati air bersih. 


Sebelumnya, ketersesiaan air bersih kurang maksimal diwilayah itu karena masih mengandalkan air bersih dari perpipaan yang dibangun sejak 30 tahun lalu.


Saat ini sedikitnya ada 311 kepala keluarga (KK) atau 1.090 jiwa yang mendapatkan pelayanan air bersih hingga menjangkau rumah mereka.


Proyek Pamsimas III Tahun anggaran 2020 itu diresmikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai Drs. Andi Ilham Abubakar, Jumat (11/12/2020).


Peresmian ini ditandai dengan melakukan uji fungsi dan serah terima sarana berlangsung di Aula Kantor Desa Kompang yang dihadiri oleh Camat Sinjai Tengah Muh. Jufri, Kabid Cipta Marga PUPR Sinjai Sabri Arsyad, Tim Pakem dari Bappeda Sinjai, Supandi serta koordinator Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM).


Andi Ilham Abubakar menuturkan, Pamsimas merupakan salah satu program andalan pemerintah didalam penyediaan bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat. 


"Tujuan program ini adalah meningkatkan jumlah warga masyarakat yang kurang terlayani termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan dengan sasaran wilayah yang belum memiliki cakupan pelayanan air minum yang bersih dan aman," katanya. 


Ilham berpesan kepada masyarakat agar dalam pengelolaan dan pemanfaatan dilakukan dengan baik, sehingga program ini benar-benar berdampak pada kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.


"Saya mengharapkan agar sarana air minum dan sarana sanitasi yang telah dibanfun agar benar-benar dikelola dengan baik, berkelanjutan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat," harapnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Kompang Ansar menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas perhatian dan kerja nyata Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam membangun daerah khususnya dalam penyediaan air bersih di perdesaan. 


"Mewakili masyarakat kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan Pamsimas ini dan Alhamdulillah dengan adanya proyek ini jumlah masyarakat yang menikmati sekitar 311 KK atau 1090 jiwa," ucapnya. (*)


Editor : Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.