TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Kemenpan-RB Ganjar Sinjai Penghargaan SAKIP, Ini Predikatnya

 Kemenpan-RB Ganjar Sinjai Penghargaan SAKIP, Ini Predikatnya

INSTINGJURNALIS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur negara dan Birokrasi reformasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia, kembali memberi apresiasi berupa penghargaan kepada sejumlah instansi pemerintah terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020.


Sebanyak 626 instansi pemerintahan yang menjadi lokus evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan birokrasi reformasi, diantaranya 84 lembaga dan kementerian, 34 pemerinatah provinsi dan 508 pemerinatah Kabupaten/Kota.


Di Sulawesi Selatan (Sulsel) sendiri sedikitnya 11 pemerintah Kabupaten/Kota menerima penghargaan tersebut. Salah satunya SAKIP Kabupaten Sinjai dengan predikat B, sedangkan untuk Reformasi Birokrasi predikat CC.


Penghargaan itu diketahui melalui SAKIP Award yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur negara dan Birokrasi reformasi (Kemenpan-RB) secara virtual langsung dari Hotel Bidahara, Jakarta, Kamis (22/4/2021)


Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Drs Akbar, menuturkan penilaian SAKIP predikat B ini patut disyukuri, karena untuk memperoleh nilai ini sangat berat.


"Semoga kedepan bisa lebih meningkat lagi SAKIP kita, agar supaya kedepannya bisa mencapai target yang lebih maksimal", kata Sekda Sinjai usai menghadiri SAKIP Award secara virtual.


Terpisah, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan menuturkan, capaian SAKIP Predikat B ini telah diraih Kabupaten Sinjai tiga kali berturut-turut dengan nilai hasil evaluasi yang terus meningkat setiap tahunnya.


Untuk tahun 2018 nilai SAKIP 62,12 poin, tahun 2019 64,85 poin dan tahun ini kembali meningkat 1,26 poin atau dengan nilai 66,11 poin.


"Alhamdulillah untuk Sinjai kita sudah mendapat nilai B seperti tahun lalu untuk SAKIP. Dimana ada peningkatan nilai dari tahun lalu itu 64,85 poin dan tahun ini 66,11 poin, sedangkan untuk RB sendiri kita tetap mendapatkan nilai CC", pungkas Tamzil Binawan.


Mantan Kabag Organisasi dan Tatalaksana Setdakab Sinjai ini, optimis predikat SAKIP Kabupaten Sinjai kedepannya akan semakin meningkat. 


Hal itu dikarenakan keseriusan Pemkab Sinjai dalam meningkatkan kualitas implementasi menajemen kinerja dan birokrasi reformasi seperti penyusunan peta polibisnis.


"Inshaa Allah dengan kerja keras kita dengan bantuan dari teman-teman kepala OPD sehingga kedepan ini bisa lebih meningkat lagi nilai SAKIPnya", harap Tamzil. (*)


Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.