Pastikan Warga Binaan Bebas dari Narkoba, ASA Apresiasi Tes Urine Rutan Kelas II B

4/07/2021 | 18:33 WIB

Bagikan:

 Pastikan Warga Binaan Bebas dari Narkoba, ASA Apresiasi Tes Urine Rutan Kelas II B


INSTINGJURNALIS.com - Upaya pemberantasan narkoba diperlukan sinergitas semua pihak, baik pemerintah, lembaga hingga masyarakat itu sendiri.


Demikian diungkapkan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) saat memantau pelaksanaan tes urine mendadak di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB, Rabu (7/4/2021)


Tes urine ini berlangsung bekerjasama Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sinjai, dengan menyasar 143 warga binaan Rutan kelas II B Sinjai.


Dalam kesempatan ini, Bupati ASA menyampaikan apresiasi atas sinergi dan komitmen kedua lembaga ini dalam pemberantasan narkoba di Bumi Panrita Kitta'.


"Kami dari pemerintah daerah mengapresiasi BNK termasuk Rutan Sinjai yang bekerjasama dalam  dengan melakukan tes terhadap seluruh penghuni rutan yang tidak lain untuk memberantas narkoba", imbuhnya.


Secara khusus, apresiasi ini juga dilontarkan Bupati ASA kepada Karutan Sinjai, atas perhatiannya untuk memastikan seluruh warga binaannya bebas dari pengaruh narkoba.


"Mudah-mudahan skrining ini bisa membantu kita semua untuk memberantas narkoba di Sinjai, khususnya bagi generasi muda untuk belajar bahwa narkoba adalah hal yang tidak berguna dan dilarang", ucapnya.


Terpisah, Kepala Rutan Kelas II B Sinjai, Muh Ishak mengatakan, sesuai surat edaran Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI sebagai upaya pemberantasan narkoba di lingkup Lapas atau rutan.


"Jadi hari totalnya 143 warga binaan menjalani tes urine, 138 diantaranya Laki-laki dan 5 orang perempuan. Setelah ini seluruh pegawai dan staf juga akan tes urine", katanya.


Senada diungkapkan, Ketua harian BNK Sinjai Kompol Sarifuddin, bahwa pelaksanaan tes urine ini mengacu pada surat edaran razia srentak yang berlangsung di 10 provinsi, termasuk di Sulawesi Selatan,dan Kabupaten Sinjai.


Tes urine ini, kata Wakapolres Sinjai ini juga rutin dilaksanakan setiap tahunnya, tidak hanya bagi warga binaan dan petugas rutan, namun juga dilakukan bagi aparatur pemerintahan lingkup pemkab Sinjai dan istansi vertikal.


"Jadi ini serentak di 10 provinsi, Sinjai salah satunya. Kegiatan ini upaya dan langkah kita supaya saudara-saudara kita yang sedang menjalani hukumannya bisa terbebas dari narkoba, baik terhadap kasus-kasus narkoba maupun kasus umum lainnya ", jelasnya.


Dari hasil tes urine mendadak ini, seluruh warga binaan dinyatakan negatif dan bebas dari zat yang mengandung narkoba dan sejenisnya. (*)


Editor: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI