TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

PPSDM Kemendagri Pilih Sinjai Jadi Lokasi Studi Lapangan KPA

 PPSDM Kemendagri Pilih Sinjai Jadi Lokasi Studi Lapangan KPA


INSTINGJURNALIS.com - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyambut peserta Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Makassar yang melakukan studi lapangan kinerja organisasi pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan VI di Kabupaten Sinjai.


Rombongan yang dipimpin Koordinator Widiaswara PKA, Kaharuddin Sarjono, diterima di ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (22/7/2021).


Kaharuddin Sarjono, mengatakan, studi lapangan yang dilakukan hingga Minggu 25 Juli mendatang, ini bertujuan untuk mempelajari, mendalami serta menemukenali keunggulan inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.


"Jadi studi lapangan PKA ini, bagaimana menemukenali tentang inovasi itu, apalagi inovasi merupakan satu kebutuhan yang sangat esensial", ungkapnya.


Alasan memilih Kabupaten Sinjai sebagai tempat studi Lapangan diungkapkan Kaharuddin karena adanya sejumlah inovasi yang telah dikenal hingga tingkat kementerian, salah satunya Rumah Singgah Kelahiran (RTK) Bahari.


Kemudian, prestasi Pemkab Sinjai dibidang pengelolaan keuangan yang telah diakui Badan Pemeriksa Keuangan (BKP) Perwakilan Sulsel berupa Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut, serta strategi pembangunan program unggulan di bidang keagamaan yakni pembangunan Masjid Islamic Center.


"Ini yang menjadi alasan kami memilih Kabupaten Sinjai, dan kami tidak salah memilih tempat studi lapangan PKA", sambungnya.


Sebanyak 40 peserta kata Kaharuddin, mengikuti Studi Lapangan PKA angkatan VI dari delapan pemerintah Kabupaten/Kota di Timur Indonesia.


Mereka merupaka utusan dari Halmahera Utara, Bone, Luwu Timur, puncak Jaya Papua, Kepulauan Selayar, Teluk Wandama Papua Barat, Teluk Bintuni, Sulbar dan IPDN.


Sementara itu, Bupati ASA mengaku bersyukur dan bangga Kabupaten Sinjai menjadi lokus pelaksanaan studi lapangan PKA Kemendagri regional Makassar.


Bupati ASA berharap, dari hasil kunjungan ke beberapa Organisasi perangkat daerah (OPD), akan melahirkan inovasi-inovasi bagi para peserta yang dapat memberikan manfaat untuk pembangunan di daerah masing-masing.


"Kami juga berharap ada masukan dan saran-saran yang bisa menjadi bahan evaluasi Pemkab Sinjai dalam upaya lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat", harap Bupati ASA.


Adapun empat OPD yang menjadi lokus studi lapangan PKA Kemendagri Regional Makassar, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Parawisata dan Kebudayan (Disparbud) dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai.


Turut hadir Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Haerani Dahlan, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Aparatur (BKPSDMA) Sinjai Lukman Mannan, Kadis Kesehatan dr Emmy Kartahara Malik, Kadis PMPTSP Lukman Dahlan, Kadis PKH Ir Burhanuddin serta Kadisparbud Yuhadi Samad.


Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.