HUT Pramuka ke-60 dan Tantangan yang Harus Disikapi

8/14/2021 | 11:52 WIB

Bagikan:

 HUT Pramuka ke-60 dan Tantangan yang Harus Disikapi

INSTINGJURNALIS.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Sinjai melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-60 yang digelar secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Upacara ini dipimpin langsung oleh Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Andi Jefrianto Asapa di Halaman Kantor Bupati lama, Sabtu (14/8/2021) pagi.


Saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional, Andi Jefrianto menyampaikan bahwa, Gerakan Pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan.


Hai itu katanya, sejalan pula dengan arahan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan. 


Diantaranya, Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama.


"Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga saya mengajak para pramuka di mana pun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema Hari Pramuka kita, yaitu “Pramuka Berbakti Tanpa Henti," ungkapnya


Kegiatan berbakti ini menurutnya, dapat dilakukan di mana saja, dimulai dari lingkungan keluarga dan gugusdepan masing-masing, lalu berbakti pula membantu masyarakat. 


Dalam kesempatan ini, Andi Jefrianto juga menyampaikan 

kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena dampaknya. Begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka,  banyak kegiatan yang terpaksa terhenti, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugus depan Pramuka. 


"Namun, kita tak boleh menyerah dan berputus asa. Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah," ujarnya.


Ditengah pandemi ini, kata dia, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi Covid-19. Berbagai hal telah dilakukan, mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota.


Editor: Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI