Kunjungan ke Rujab Bupati Sinjai, Independensi KPU dan Bawaslu Dipertanyakan

8/21/2021 | 14:46 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Aktifis politik, Muh Irwan menilai pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai dengan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menimbulkan kontra terhadap independensi kedua lembaga itu. 


"Pertemuan kedua lembaga itu dengan Bupati jelang pilkada 2024 mendatang menimbulkan tanda tanya terhadap profesionalisme keduanya. Tak hanya itu, bayang-bayang Bawaslu dan KPU yang tidak independen juga terkuak," kata Irwan. 


Menurutnya, pertemuan mereka justru menimbulkan kecemasan publik. Bawaslu dan KPU akan sulit mendapat kepercayaan publik, mengingat KPU dan Bawaslu merupakan penyelenggara Pilkada. 


Irwan menilai tugas KPU mengumpulkan dan mensistemasikan bahan-bahan serta data hasil pemilihan, memimpin tahapan kegiatan pemilihan bisa saja tercederai dengan pertemuan itu. 


"Ini sangat berbahaya mengingat kewenangan besar Bawaslu dalam menangani perkara-perkara administratif dan juga terkait money politics dalam penyelenggaraan pemilu  begitu juga dengan KPU yang fungsinya selaku penyelenggara," tambahnya. 


Ketua KPU dan  Bawaslu Sinjai melakukan kunjungan ke Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Rabu (18/08/2021) malam. Kunjungan itu dalam rangka silaturahmi. 


Ketua Bawaslu Sinjai, Muhammad Rusmin tidak menampik perihal kunjungan itu, ia mengatakan kunjungan itu dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi. 


"Itu hanya silaturahmi, kami hanya sekedar ngopi-ngopi dengan bupati, karena tidak enak kalau di luar, apalagi ini bupati," kata Rusmin, Kamis (19/08/2021). 


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI