BBLK Makassar Puji Kinerja Dinkes Sinjai Dorong Laboratorium Ikuti Uji Profisiensi

10/28/2021 | 12:41 WIB

Bagikan:

 

BBLK Makassar Puji Kinerja Dinkes Sinjai Dorong Laboratorium Ikuti Uji Profisiensi

INSTINGJURNALIS.com - Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar mengapresiasi upaya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai dalam mendorong laboratorium yang ada di puskesmas untuk mengikuti uji profisiensi.


Hal itu dikemukakan Staf Instalasi Kimia Kesehatan BBLK Makassar, Sriwati saat ditemui usai membawakan materi pada bimbingan teknis dan sosialisasi Aplikasi SIMPEL Pemantapan Mutu Eksternal (PME), Kamis (28/10/2021) di Aula Pertemuan Dinkes Sinjai.


"Saya sangat senang sekali dengan informasi yang kami dapat disini (Sinjai-read) bahwa seluruh laboratorium di puskesmas itu, ternyata sudah mengikuti uji profisiensi oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar," ujar Sriwati.


Itu artinya, tambah Sriwati support dari Dinas Kesehatan kepada puskesmas sangat besar terhadap pelaksanaan kegiatan uji profisiensi tersebut.


"Kita tahu bahwa kegiatan profisiensi sangat penting untuk jaminan mutuh hasil pengujian laboratorium. Alhamdulillah semua puskesmas yang ada di Kabupaten Sinjai sudah mengikuti rangkaiannya," jelasnya.


Sekaitan dengan bimbingan teknis dan sosialisasi Aplikasi SIMPEL Pemantapan Mutu Eksternal (PME), Sriwati berharap para peserta dari tenaga ahli teknologi laboratorium medik se-Kabupaten Sinjai agar dapat meng update setiap informasi uji profisiensi.


"Dengan adanya sosailiasi ini, tentu dapat memberikan informasi bagi para penangggung jawab laboratorium atau petugas laboratorium agar lebih memahami bagaiamana pelaksanaan uji profisiensi yang baik," harapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik mengatakan, 

pemantapan mutu eksternal adalah kegiatan yang diselenggarakan secara periodik untuk memantau dan menilai penampilan suatu laboratorium dalam pemeriksaan tertentu.


"Tentu tujuannya agar para petugas laboratorium ini mutunya tetap terjaga, karena selain kita melakukan pemantapan mutu internal tentu pemantapan mutu eksternal juga kita lakukan," katanya. 

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI