Wow, Ini Rencana Besar Bupati Sinjai Bersama PT. Garuda Food untuk Petani Kacang di Sinjai

10/17/2021 | 19:41 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Pelan tapi pasti, rencana pemerintah Kabupaten Sinjai yang dinahkodai Andi Seto Asapa, dalam membangun  pemerintahan baik di bidang pendidikan dan infrastruktur serta keagamaan berangsur-angsur menuai apresiasi dari berbagai kalangan. 


Keberhasilan dari program tersebut, tak membuat dirinya berpuas diri. Di tengah kesibukannya Andi Seto intens melakukan lobi beberapa perusahan besar guna untuk melirik potensi yang dimiliki Kabupaten Sinjai. 


Di sela-sela kesibukannya, Andi Seto mengaku punya cita-cita besar untuk sinjai khusunya sektor pertanian dan ekonomi kerakyatan, selain berhasil mendapatkan potensi pertanian juga telah mempersiapkan pasar besar bagi masyarakat petani di Kabupaten Sinjai. Is berencana akan mempererat hubungannya dengan salah satu perusahan besar yakni PT.Garuda Food, sebagai salah satu konsumen kacang tanah. 


"Insya Allah, jika petani kita berhasil kelak dengan hasil pertanian kacangnya, dan kemudian siap untuk memenuhi permintaan pasar seperti kebutuhan perusahaan PT.Garuda Food, kami akan mengupayakan agar pihak perusahaan siap mengakomodir hasil pertanian di Sinjai khususnya hasil tanaman kacang tanahnya, selain itu juga akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dengan harga terjangkau," ulas Bupati Sinjai. 


Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Sinjai mendapat bantuan dari pemerintah pusat seberat 6 ton kacang tanah. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) H. Kamaruddin berharap dengan bantuan sebelumnya sebanyak 6 ton dapat menjadi pendorong para petani untuk dapat mengembangkan sektor pertanian kacang. Kata dia, nantinya, bantuan tersebut akan dibagikan kelompok tani yang tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Bulupoddo dan Sinjai Selatan. 


"Jadi kacang tanah ini diperuntukkan untuk empat kelompok tani yang ada di empat kecamatan dengan luas pertanaman mencapai 50 hektar," kata Kamaruddin. 


Untuk kelompok tani di Sinjai Utara, kata Kamaruddin akan mendapatkan benih kacang tanah untuk luas lahan 10 hektar, di Sinjai Selatan 10 hektar, Kecamatan Bulupoddo 10 hektar dan 20 hektar di Kecamatan Sinjai Timur. 


"Sebenarnya potensi kacang di Sinjai juga cukup besar, namun alokasi dari pemerintah pusat sangat terbatas. Namun dengan upaya komunikasi yang dilakukan oleh bapak Bupati Sinjai ke Kementerian, bantuan ini dialokasikan kembali," jelasnya. 


Komoditas kacang tanah ini menjadi penting karena dijadikan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat. Sehingga dengan adanya bantuan benih kacang tanah ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitasnya dan memperluas pasarannya agar petani lebih sejahtera.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI