Cakupan Vaksinasi Covid-19 Tertinggi di Sinjai, Puskesmas Samataring Diganjar Penghargaan

11/15/2021 | 17:00 WIB

Bagikan:

 Cakupan Vaksinasi Covid-19 Tertinggi di Sinjai, Puskesmas Samataring Diganjar Penghargaan

INSTINGJURNALIS.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik memberi penghargaan kepada Puskesmas Samataring, Kecamatan Sinjai Timur. 


Penghargaan itu diberikan lantaran jumlah capaian vaksinasi Covid-19 tertinggi, dari 16 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sinjai.


Penghargaan yang diberikan dimoment peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tersebut diterima langsung oleh 

Kepala Puskesmas Samataring, Bahraeni Bakri, Senin (15/11/2021) di halaman Kantor Dinas Kesehatan.


Berdasarkan data yang diterima presentase cakupan vaksinasi baik dosis I dan II, untuk sumber daya manusia (SDM) kesehatan mencapai 150,24 persen, lansia 23 persen, pelayanan publik 158 persen dan masyarakat umum 43 persen.


Dengan begitu total cakupan vaksinasi untuk wilayah puskesmas Samataring pada dosis I mencapai 58,76 persen, dan dosis II 34,71 persen.


Kepala Puskesmas Samataring, Bahraeni Bakri menerangkan, cakupan vaksinasi tertinggi diwilayah kerjanya, itu tak lepas dari kerja-kerja keras seluruh petugas dibantu oleh TNI-Polri dalam melakukan penggerakan sasaran.


"Kami memang aktif untuk koordinasi langsung maupun tidak langsung, jadi semua jadwal yang ada di desa maupun kelurahan kami koordinasikan dengan TNI-Polri, Pemerintah Kecamatan dan terutama Pemerintah Desa," ujarnya saat ditemui usai menerima penghargaan.


Meski cakupan tertingi dalam hal vaksinasi, tetapi pihaknya kata Bahraeni tetap melakukan edukasi kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang belum mendapatkan suntikan vaksin.


"Saat ini kami tetap meningkatkan cakupan, karena Kabupaten Sinjai belum mencapai target dan itu menjadi pekerjaan rumah (PR) kita semua untuk lebih meningkatkan lagi cakupannya," jelas dia.


Selain menerima penghargaan cakupan vaksinasi tertinggi, Puskesmas Samataring juga meraih penghargaan kategori Puskesmas terbersih dan berprestasi. Masing-masing berada pada posisi peringkat ketiga.


Editor: Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI