2022, Sinjai Peroleh Anggaran Ratusan Miliar, Bupati ASA Minta Semua OPD Kelolah Anggaran yang Prioritaskan Kebutuhan Rakyat

12/15/2021 | 16:28 WIB

Bagikan:

 2022, Sinjai Peroleh Anggaran Ratusan Miliar, Bupati ASA Minta Semua OPD Kelolah Anggaran yang Prioritaskan Kebutuhan Rakyat

INSTINGJURNALIS.com - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) kembali menekankan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar pemanfaatan anggaran pada tahun 2022 mendatang untuk kepentingan masyarakat, agar kesan pemerintah prorakyat tidak hanya sebatas slogan. 


"Setiap program dan kegiatan harus memberikan manfaat dan dampak bagi masyarakat. Jadi tidak sekadar menggelontorkan dana lalu habis atau dihabiskan hanya sekadar untuk memenuhi syarat saja, tapi tidak memberikan manfaat bagi masyarakat," tegas ASA, Rabu (15/12/2021).


Berdasarkan data yang dihimpun, rincian alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2022 untuk Kabupaten Sinjai sebesar Rp947,9 miliar. Terdiri dari dana transfer umum Rp557,7 M, dana transfer khusus Rp313,2 M, Dana Insentif Daerah (DID) Rp 13,1 M, dan Dana Desa Rp63,6 M. 


Anggaran bidang jalan sendiri masuk dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang merupakan bagian dari dana transfer khusus. Jumlah anggarannya mencapai Rp53 M. Terbagi menjadi reguler jalan Rp40 M dan penugasan jalan Rp13 M. Bidang pendidikan juga mendapat porsi anggaran sebesar Rp31 M. Sementara bidang irigasi mencapai Rp19 M. 


Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, pengerjaan jalan untuk membuka daerah yang terisolir merupakan komitmennya sejak awal pemerintahan hingga tahun ketiga kepemimpinannya guna untuk memeratakan perekonomian rakyat di Kabupaten Sinjai.


"Dalam penggunaan anggaran agar tidak hanya sekedar untuk memenuhi syarat saja, tapi tidak memberikan manfaat bagi masyarakat," kata dia saat menerima Diva anggaran tahun 2022 


Diketahui bahwa Kabuoaten Sinjai yang sudah dinahkodai Andi Seto Asapa selama 3 tahun ini telah berhasik mengatasi sejumlah keluhan dan kebutuhan dasar masyarakat Sinjai.


Seperti keluhan pendidikan dimana Pemerintah Kabupaten Sinjai telah mewujudkan bantuan prorakyat untuk berantas putus sekolah lewat program bantuan perlengkapan sekolah gratis dan juga pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur pendidikan dengan menggunakan sumber dana APBD 


"Saya kembali tegaskan bahwa ini untuk kegiatan memenuhi pelayanan masyarakatat, dimana setiap pengelolahan anggaran itu diperuntukkan untuk rakyat dan tahun 2022 semua program harus berjalan dan anggaran diserap dengan baik," tegasnya lagi. 


Sekedar diketahui bahwa pemerintah kabupaten sinjai untuk tahun 2022 telah mendapatkan anggatan hingga ratusan milyar guna mewujudkan pembangunan dan infrastruktur perekonomian yang merata.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI