Bupati ASA Dorong Koperasi Terapkan Digitalisasi

12/09/2021 | 14:59 WIB

Bagikan:

 

Bupati ASA Dorong Koperasi Terapkan Digitalisasi

INSTINGJURNALIS.com - Puluhan pengurus koperasi mengikuti Workshop Perkoperasian yang dilaksanakan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja. Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Sinjai.


Workshop yang dilangsungkan di aula Pertemuan Hotel Rofina pada Kamis (9/12/2021) resmi dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Dekopinda Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, dan Plt Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Andi Ilham Abubakar.


Pada kesempatan ini, Ketua Dekopinda Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto menerangkan, kehadiran Dekopinda yang merupakan wadah perhimpunan koperasi di daerah harus mempunyai peran yang nyata dengan agenda pembangunan perkoperasian adalah hal yang mendesak dan prioritas yang harus dilakukan.


Hal itu kata dia, dalam mendorong penerapan digitalisasi koperasi dimana menuntut seluruh kegiatan ekonomi bergeser dari konvensional menjadi lebih modern.


"Karena itu, dengan adanya workshop ini mudah-mudahan koperasi yang ada di Kabupaten Sinjai bisa lebih maju dan bisa lebih mendukung kegiatan masyarakat serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.


Sementara itu, Bupati ASA menekankan agar koperasi yang ada di Kabupaten Sinjai dapat lebih handal, maju, mengikuti trend dan perkembangan yang ada. Dengan begitu, kedepanya koperasi Sinjai dapat menjadi percontohan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bahkan ditingkat nasional.


Apalagi menurut ASA, koperasi bisa dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian untuk nasional dan juga di Kabupaten Sinjai secara khusus.


"Untuk itu saya punya harapan mudah-mudahan dengan adanya kegiataan workshop seperti ini, para narasumber dapat memberikan pemahaman kepada peserta, sehingga dapat membawa kemajuan bagi koperasi yang ada di Kabupaten Sinjai," ujarnya.


Selain itu, Bupati ASA juga berharap koperasi di Sinjai dapat lebih maju. Bahkan dia mendorong untuk mengikuti trend perkembangan digitalisai.


"Saat ini masuk keera digitalisasi. Saya punya harapan kita bisa beradaptasi mengikuti perkembangan zaman tersebut. Saya pikir sekarang kita harus maju sesuai dengan perkembangan zaman," imbuhnya.


Workshop tersebut mengankat tema, Digitalisasi Kopersi Sebagai Solusi untuk Bangkit dan Tumbuh bersama Membangun Ekonomi Daerah Dimasa Pandemi.


Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi Dinas Koperasi Prov Sulsel Ir. Muhammad Duryatsyah, Kepala Seksi Kelembangaan dan Perizinan Dinas Koperasi Sulsel Hj. Andi Indrawati Abubakar, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu Provinsi Sulsel Bahtiar Baso serta Ketua Dekopinda Sinjai.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI