Di Workshop Penyelenggaraan KKS, Bupati ASA Minta Penghargaan Swasti Saba Wistara Dipertahankan

12/27/2021 | 19:08 WIB

Bagikan:
Di Workshop Penyelenggaraan KKS, Bupati ASA Minta Penghargaan Swasti Saba Wistara Dipertahankan


INSTINGJURNALIS.com - Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) resmi membuka workshop penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) yang diselenggerakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai, Senin (27/12/2021) di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.


Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib dalam laporannya menyampaikan bahwa, workshop ini dilaksanakan tak lain untuk meningkatkan pemahaman tentang penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat. 


Sebab, terdapat tambahan tatanan kabupaten sehat dari 7 menjadi 10 tatanan pada verifikasi tahun 2023 mendatang.


"Workshop ini kita laksanakan untuk meningkatkan kapasitas para pengurus forum kabupaten sehat, forum komunikasi kecamatan sehat dan pokja desa/kelurahan sehat dalam membuat laporan pelaksanaan kabupaten sehat di wilayah masing-masing," ujarnya.


Dia juga menyampaikan bahwa, penyelenggaraan kabupaten sehat di Kabupaten Sinjai telah dimulai sejak tahun 2015 dengan persentase penyelenggara sebanyak 50 persen dari jumlah desa/kelurahan yang ada.


Namun sejak tahun 2017, seluruh desa/kelurahan telah menjadi lokus penyelenggaraan kabupaten sehat di Kabupaten Sinjai. Dengan begitu, 

pada tahun 2021 ini merupakan tahun keempat Kabupaten Sinjai dalam mengikuti program kabupaten/kota sehat. 


Sementara itu, Bupati ASA menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terkhusus ketua forum Kabupaten Sehat Sinjai atas partisipasi, dukungan dan kerja samanya dalam mensukseskan penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Kabupaten Sinjai. 


Sehingga pada tahun ini Kabupaten Sinjai kembali meraih swasti saba wistara untuk kedua kalinya.


"Tentu untuk kedua kalinya kita mendapatkan swasti saba wistara ini merupakan cambuk bagi kita semua, mudah-mudahan tidak berhenti di tahun ini, kita berharap ditahun-tahun yang akan datang kita bisa mempertahankan bahkan bisa lebih ditingkatkan, mari kita terus melahirkan inovasi," imbuhnya.


Sebenarnya kata ASA, bukan penghargaan tersebut menjadi tujuan utama, akan tetapi standar-standar kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan di Kabupaten Sinjai.


"Lokus-lokusnya sudah dilaksanakan standar-standar kesehatan tersebut sehingga mudah-mudahan betul tercipta atau terlaksana dengan baik sehingga kita punya harapan indeks kesehatan kita meningkat dan stunting menurun serta anak-anak di Kabupaten Sinjai bisa tumbuh sehat," ujar ASA.


Kepada para peserta workshop dari forum kecamatan dan pokja desa/kelurahan sehat, ASA berharap agar mengikuti dengan seksama seluruh materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga dapat memberi manfaat dalam penyelenggaraan kabupaten kota sehat serta dapat mempertahankan kembali swasti saba wistara di tahun verifikasi selanjutnya.


Workshop ini turut dihadiri Sekda Sinjai Akbar selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat, Ketua Forum Kabupaten Sehat Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, Koordinator Kabupaten Kota Sehat Provinsi Sulsel, Muslimin Rasyid.


Workshop tersebut dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada lokus verifikasi nasional penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI