Puncak Harkopnas ke-74 Berlangsung Khidmat, Bupati ASA Bangga

12/11/2021 | 14:35 WIB

Bagikan:

 Puncak Harkopnas ke-74 Berlangsung Khidmat, Bupati ASA Bangga

INSTINGJURNALIS.com - Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-74 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Lapangan Sinjai Bersatu, Jalan Tondong, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sabtu (11/12/2021) berlangsung khidmat.


Bahkan, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan rasa bangga pada moment Harkopnas yang dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Pusat HAM Nurdin Halid, Deputi Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Hukum Hasan Basri Ambarala serta beberapa Kepala Daerah.


"Ditetapkannya Kabupaten Sinjai sebagai tuan rumah pelaksaan Harkopnas tingkat Provinsi Sulsel menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah daerah, dan seluruh warga masyarakat di daerah ini," ungkap ASA dalam sambutannya.


Apalagi kata ASA, ini baru pertama kalinya digelar di Bumi Panrita Kitta sebutan Kabupaten Sinjai. Karena itu, atas nama pemerintah daerah dan seluruh warga masyarakat Sinjai, ASA menyampaikan apresiasi dan terima kasih.


"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan kepada pemerintah daerah dan warga masyarakat kabupaten sinjai dalam pelaksanaan peringatan hari koperasi tahun 2021," ujarnya.


Menurut ASA, penyelenggara kegiatan peringatan hari koperasi di daerah ini telah memiliki daya dorong dan potensi membangun perekonomian serta kesejahteraan anggota dan masyarakat, bertekad untuk terus mendorong penerapan digitalisasi koperasi menuju koperasi moderen.


"Demikian halnya dengan peringatan harkopnas ke-74 tahun 2021 ini, yang melibatkan gerakan koperasi, dinas yang membidangi koperasi dan umkm provinsi/kabupaten/kota kalangan kampus serta masyarakat luas, menjadi momentum yang tepat dekopinda kabupaten sinjai untuk tetap konsisten pada komitmen mengaktivasi koperasi,"kuncinya.


Ketua Dekopinda, Pusat HAM Nurdin Halid, menyebut Harkopnas di Sulawesi Selatan salah satu Harkopnas terbesar diseluruh Indonesia. 


"Tentu apresiasi ini diberikan kepada Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) karena mampu menyiapkan acara ini secara baik sehingga kita bisa menyaksikan kegiatan pada hari ini secara baik pula," ucapnya.


Nurdin mengatakan, Harkopnas adalah harinya gerakan koperasi Indonesia bukan harinya Kementerian Koperasi, oleh karena itu pelaksanaan Harkopnas adalah dewan koperasi ditingkat pusat, dekopinwil ditingkat provinsi dan dekopinda ditingkat Kabupaten.


"Hari Koperasi Nasional yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun tidak boleh hanya menjadi sebuah peringatan yang bersifat rutinitas, setiap harkopnas kita harus memberi makna dalam setiap kita memperingati harkopnas," urainya.


Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Hukum Hasan Basri Ambarala mengucapkan selamat memperingati hari koperasi ke-74 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.


Dia juga menyampaikan rasa bangga kepada daerah yang menerima penghargaan atas prestasi dalam memajukan gerakan koperasi.


"Untuk mengakselerasi pemberdayaan koperasi dan koordinasi antara semua pihak baik pemerintah pusat provinsi kabupaten kota dan swasta tokoh masyarakat serta gerakan koperasi perlu senantiasa ditingkatkan agar kondisi dan citra koperasi semakin baik," ujarnya.


Puncak Harkopnas ke-74 ini juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan, salah satunya penghargan bakti koperasi UKM tingkat nasional. Selain itu juga di lakukan launching aplikasi sistem informasi layanan koperasi.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI