Bupati ASA Hadirkan Layanan Kesehatan Paripurna

2/05/2022 | 19:57 WIB

Bagikan:

 Bupati ASA Hadirkan Layanan Kesehatan Paripurna


INSTINGJURNALIS.com - Orang miskin dan orang kaya jika mengalami gangguan kesehatan (sakit) tak perlu khawatir. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Sinjai telah menyiapkan layanan kesehatan gratis untuk warganya.


Bahkan, upaya kerja keras Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) untuk melayani hak dasar kesehatan masyarakatnya tanpa harus datang fasilitas kesehatan untuk konsultasi terkait kesehatan juga disiapkan.


Sebut saja, program Home Care dan Home Visit. Layanan kesehatan dor to dor atau mengunjungi langsung rumah-rumah itu manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Sinjai hingga ke pelosok.


Disamping itu, Pemkab Sinjai juga menghadirkan 16 dokter yang merupakan tenaga kesehatan disetiap puskesmas di Kabupaten Sinjai, guna untuk melayani masyarakat selama 24 jam dan siap mengunjungi rumah masyarakat ketika dibutuhkan. 


Program yang digulirkan itu menurut Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), karena dirinya tak ingin melihat warganya repot untuk mengakses layanan kesehatan.


"Kami berharap agar masyarakat memanfaatkan dengan baik layanan kesehatan yang diciptakan oleh pemerintah dimana masyarakat agar lebih mudah mendapatkan pelayanan oleh ahli kesehatan yang disiapkan Pemerintah," ungkapnya.


Apalagi tenaga kesehatan yang diaiapkan oleh Pemerintah merupakan Dokter yang memiliki SIP dan STR aktif serta berpengalaman dalam memberikan layanan home care dan home visit.


"Pemerintah akan melakukan pemeriksaan, memberikan diagnosis dan tindakan medis (jika diperlukan), serta memberikan resep obat. Keseluruhan prosedur dokter tersebut dilakukan langsung di rumah / lokasi Anda sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku," ujar ASA.


Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Syamsul Bahri Akhas sebelumnya menjelaskan terkait program home care home visit.


Kata dia, dalam program tersebut tenaga medis yang telah ditugaskan selain memberikan pelayanan kesehatan juga memberi edukasi mengenai perilaku kesehatan yang mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.


Mereka penanggung jawab dusun beserta tim terpadu home care seperti dokter, perawat, bidan, laboratorium dan farmasi intens melakukan kunjungan demi memastikan kondisi kesehatan maayarakat Sinjai


Tak ayal, selama tahun 2020 lalu, jumlah kunjungan untuk home visit sebanyak 9.804, kemudian home care sebanyak 5.381. 


Sedangkan pada tahun 2021 berdasarkan data dinas kesehatan, jumlah kunjungan untuk home visit sebanyak 10.759 kunjungan sementara home care 5.586 kunjungan. 


"Jadi program pak Bupati (Andi Seto-read) ini salah satu cara dalam meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan mendatangi masyarakat," ungkap Syamsul.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI