HJS ke-458, Bupati ASA Ungkap Data Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2021

2/27/2022 | 17:11 WIB

Bagikan:

 HJS ke-458, Bupati ASA Ungkap Data Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2021

INSTINGJURNALIS.com - Di tengah kondisi perekonomian negara serta berbagai permasalahan yang menggerus kemampuan penganggaran daerah, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai tetap berupaya dalam menjalankan seluruh program kegiatan sehingga sejumlah target telah menunjukkan pencapaian sesuai harapan. 


Hal itu diungkapkan Bupati Sinjai Andi Andi Seto Asapa (ASA) saat menyampaikan sambutan pada rapat paripurna dalam rangka peringatan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-458, Minggu (27/2/2022) secara virtual dari Rumah Jabatan Bupati.


Dikatakan Bupati ASA bahwa, pemerintah tetap menjaga pertumbuhan ekonomi agar dapat terus bertumbuh di tengah pelambatan yang terjadi secara umum pada tingkat nasional. 


"Upaya yang dilakukan melalui penguatan ekonomi nasyarakat seperti bantuan langsung tunai secara teapt sasaran, serta bantuan lain dari sektor usaha mikro, kecil dan menengah, sektor pertanian dan perikanan dan bantuan sembako disalurkan berdampak pada stabilitas pertumbuhan ekonomi di Sinjai," ungkapnya.


Masih kata ASA, berdasarkan data Sinjai dalam angka yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik beberapa hari yang lalu, pertumbuhan ekonomi Sinjai tahun 2021 mencapai 5,23%, meningkat cukup tinggi dari 1,55% pada tahun 2020. 


Begitu pula pada angka kemiskinan dalam 4 tahun terakhir kita mampu turunkan 1 digit dari 9,28% tahun 2018 turun menjadi 8,29% di tahun 2021. Angka pengangguran juga menurun dari 2,65% di tahun 2020 menjadi 2,61% di Tahun 2021.


Kendati, pembangunan infrastruktur tetap difokuskan untuk memberikan kemudahan pergerakan manusia dan barang. Sehingga peningkatan jalan dan jembatan masih menjadi prioritas dengan penyebaran ke seluruh pelosok sinjai. 


"Sebesar apapun daya manusia, sebagai makhluk tentunya tidak akan lepas dari kekurangan. Begitu pula dengan apa yang telah kita capai saat ini, tentunya belum semua mampu memenuhi harapan kita bersama. Masih ada yang harus diperbaiki agar dapat lebih baik lagi di hari-hari mendatang," ujarnya.


Rapat paripurna peringatan HJS ke-458 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin di ruang rapat paripurna DPRD, dihadiri Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, Pimpinan Forkopimda, beberapa mantan pejabat Pemkab Sinjai serta tamu undangan dan juga dihadiri Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman secara virtual.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI