Ikuti Ujian Kompetensi, 4 Balon Kades di Sinjai Jawab 100 Pertanyaan

2/15/2022 | 13:59 WIB

Bagikan:

 Ikuti Ujian Kompetensi, 4 Balon Kades di Sinjai Jawab 100 Pertanyaan

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak 4 Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) dari dua desa di Kabupaten Sinjai mengikuti Ujian Kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT), Selasa, (15/02/2022).


Ujian CAT dilaksanakan di Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Sinjai, Jalan Persatuan Raya Kecamatan Sinjai Utara.


Pada ujian tersebut, keempat Balon Kades menjawab 100 pertanyaan dengan durasi waktu selama 120 menit. Mereka (Balon Kades - red) mengikuti ujian kompetensi, sebab saat panitia PPKD melakukan perhitungan untuk penentuan Calon Kepala Desa, ada Balon Kades yang memiliki nilai yang sama.


Adapun keempat Balon Kades yang mengikuti ujian kompetensi berbasis CAT, dua diantaranya dari Desa Pulau Padaelo Kecamatan Pulau Sembilan, bernama Rosmini dan Rusyil.


Sedangkan dua Balon Kades lainnya dari Desa Lamatti Riawang, bernama Darwis dan Amir Daus.


Ujian ini dipantau langsung perwakilan Kejari, TNI-Polri, Kepala Dinas PMD Sinjai Hj. Andi Hariyani Rasyid, Inspektur Inspektorat Sinjai A. Adeha Syamsuri, serta Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai Tamzil Binawan.


Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar menjelaskan, ujian kompetensi dilakukan untuk menentukan Balon Kades yang layak menjadi kandidat Calon Kepala Desa.


"Sesuai mekanisme yang ada bahwa calon kepala desa yang bisa maju itu maksimal 5 orang. Dari hasil ujian ini, akan ada 1 bakal calon yang digugurkan dari masing-masing 1 desa," jelasnya.


"Jadi penilaian melalui ujian ini akan kita gugurkan secara objektif sesuai hasil ujiannya," tambah Sekda Sinjai itu.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI