Program KUR di Bank Sulselbar Sinjai Dimanfaatkan Pengurus Partai Golkar

2/08/2022 | 19:35 WIB

Bagikan:
Program KUR di Bank Sulselbar Sinjai Dimanfaatkan Pengurus Partai Golkar


INSTINGJURNALIS.com - Kepala Cabang Bank Sulselbar Sinjai Anas terkesan akan memberikan perlakuan khusus bagi calon nasabah kredit usaha rakyat (KUR) yang akan difasilitasi oleh salah satu partai politik di kabupaten Sinjai yakni partai Golkar


Anas mengakui, bahwa Partai Golkar memintanya untuk memfasilitasi pedagang yang akan mengajukan kredit untuk modal usaha.


“Sebenarnya kehadiran kami di sana itu normatif, artinya dari partai mana pun yang menginginkan kita hadir untuk membantu pasti kita merasa terpanggil,” kata Anas.


Dan Alasan itu Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai memanfaatkan acara Partai Golkar untuk bersosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditanggapi oleh sejumlah pihak. Alasan tersebut dinilai mengada-ada dan terkesan program kredit KUR itu hanya prioritaskan khusus calon nasabah yang difasilitasi oleh partai Golkar


Salah satu masyarakat yang juga selaku pedagang sendal di Pasar Sentral Sinjai, WIra mempertanyakan alasan Bank Sulselbar memanfaatkan momentum tersebut untuk mensosialisasikan pinjaman KUR.


Sebab, bank yang dia pimpin merupakan bank milik negara yang tidak dibolehkan berafiliasi dengan partai politik. Padahal, sosialisasi KUR juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus menggunakan partai politik.


Selain itu juga dirinya selaku pengurus organisasi yang mewadahi masyarakat pasar, menilai bahwa pihak kepala Bank Sulselbar Sinjai ini terkesan memanfaatkan program kredit rakyat ini untuk kepentingan hal tertentu khususnya  politik.


"Makanya saya katakan alasan itu mengada-ada, kenapa tidak sosialisasi sendiri atau melibatkan lembaga lain atau HPS2 yang bersentuhan langsung dengan pedagang merupakan wadah yang paham betul masalah masyarakat pedagang di Pasar kenapa harus dengan Parpol," ungkapnya.


"Apakah semua rakyat pasar yang layak butuh dana KUR ini bisa difasilitasi partai pilitik??..kenapa mesti harus melalui partai politik?? tanya dia, Selasa (8/2/2022).


Selain itu, beberapa hari sebelum terjadi kebakaran pihak HPS2 melakukan pertemuan dengan Kepala Bank Sulselbar membahas mekanisme pengajuan kredit. Mestinya pertemuan itu ditindaklanjuti jika memang berniat membantu para pedagang untuk memperoleh pinjaman.


"Ini yang kami sayangkan, padahal beberapa hari sebelum kejadian kami sempat ke sana, kenapa bukan melalui lembaga HPS2 saja karena mereka yang bersentuhan langsung dengan pedagang bahkan mengetahui langsung kondisi pedagang dipasar" ujarnya. (*)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI