Puluhan Bidan Sinjai Ikuti Pelatihan Midwifery Update

2/18/2022 | 13:07 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak 30 orang bidan di Kabupaten Sinjai mengikuti pelatihan Midwifery Update (MU) angkatan pertama, Jumat (18/2/2022) di Aula Gedung Pertemuan PKK Sinjai. 


Pelatihan tersebut digelar oleh Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sinjai. 


Tujuannya, untuk mengupdate ilmu-ilmu kebidanan yang terbaru, agar seluruh bidan tetap kompeten dan profesional sehingga dapat memberikan pelayanan berkualitas terhadap kesehatan ibu dan bayi ditempat tugas masing-masing.


Para peserta dalam kegiatan itu merupakan bidan yang bertugas di puskesmas, rumah sakit, dan klinik yang ada di Kabupaten Sinjai.


Ketua IBI Cabang Sinjai, Hj. Ratnawati Muin mengatakan bahwa, saat ini masalah kesehatan ibu dan anak merupakan masalah krusial di Indonesia karena masalah tersebut merupakan salah satu indikator kesejahteraan bangsa. 


Sehingga, untuk menurunkan AKI dan AKB, salah satunya dengan asuhan kebidanan yang berkesinambungan sehingga komplikasi selama kehamilan, sampai masa nifas dapat terdeteksi sedini mungkin. Hal tersebut tentu harus didukung oleh SDM yang berkualitas. 


"Salah satu upaya untuk mendapatkan SDM yang berkualitas yaitu dengan mengikuti pendidikan yang berkelanjutan, pelatihan-pelatihan yang terkait dengan peningkatan mutu profesi, sehingga pelayanan kebidanan yang diberikan lebih berkualitas," ungkapnya.


Lebih lanjut Ratnawati mengatakan, 

era yang selalu berkembang disertai dengan persaingan global membutuhkan bidan yang berwawasan dan berpendidikan yang memenuhi standar global, sehingga pengembangan SDM bidan bisa secara komprehensif, berjenjang dan berkesinambungan. 


"Bidan membutuhkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang selalu update serta mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEK/kebijakan terbaru," kuncinya.


Dengan begitu, Ratnawati berharap 

setelah pelaksanaan pelatihan Midwifery Update ini, bidan-bidan dapat meningkatkan keilmuan, keterampilan dan kompetensinya sehingga bisa memberikan pelayanan kebidanan yang paripurna kepada masyarakat. 


Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Aliawati Albek

mengapresiapi pelaksanaan Midwifery Update yang dilaksanakan oleh IBI Kabupaten Sinjai. 


"Secara pribadi maupun dari Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal ini Dinas Kesehatan sangat mengapresiasi karena kita tahu bahwa Bidan itu harus merefresh apa pun yang ada, baik itu ilmu pengetanuan, keterampilan maupun kemampuan yang sudah ada," ujarnya saat membuka kegiatan itu.


Dikatakan bahwa, persaingan global senantiasa membutuhkan SDM yang berkualiatas, sehingga diharapkan IBI Sinjai bisa kompeherensif, berjenjang, dan berkesinambungan.


"Dalam pelatihan ini kami berharap bidan-bidan dapat meningkatkan keilmuan, keterampilan dan kompetensi sehingga pelayanan kebidanan kedepan semakin bagus," ujarnya.


Pelatihan ini menghadirkan narasumber yakni, Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Sinjai, drg. Fatwamati Yusuf, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sinjai dr. Aliawaty Albek, Kabid KB, ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB Herniwati, dan

Ketua IBI Sinjai Hj. Ratnawati Muin.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI