RDP Bersama Komisi III DPRD, Kadis Kominfo Ungkap Realisasi Program Smart Kampung

2/08/2022 | 14:12 WIB

Bagikan:

 

RDP Bersama Komisi III DPRD, Kadis Kominfo Ungkap Realisasi Program Smart Kampung


INSTINGJURNALIS.com - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai Tamzil Binawan membeberkan realisasi Program Smart Kampung yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA).


Tamzil mengungkapkan bahwa, kegiatan Program Smart Kampung untuk di Kabupaten Sinjai saat ini sudah ada 26 Desa yang telah merealisasikan dalam bentuk pembuatan website desa.


Sementara untuk desa yang lain, saat ini kata Tamzil telah melakukan permohonan kembali untuk diberikan pelatihan, sama dengan 26 Desa tersebut.


"Kami menyampaikan bahwa esensi dari program Smart Kampung ini adalah bagaimana caranya agar aparat-aparat yang ada di desa bisa membuat sendiri websitenya. Jadi sebenarnya alih teknologi dan ilmu," ungkapnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPRD Sinjai, Selasa (8/2/2022).


Hal itu menurut mantan Kabag Humas Pemkab Sinjai ini juga sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo terkait ilmu coding agar bisa sampai ke tingkat paling bawah, sehingga hal tersebut kemudian di implementasikan juga di Kabupaten Sinjai.


"Olehnya itu kedepan ini kita akan kembali melaksanakan evaluasi dan pelatihan untuk 26 Desa ini terkait pengembangannya untuk isi dari website masing-masing," katanya.


Selain itu, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dan mengajak kepada desa-desa untuk bersama-sama membuat webiste. Sebab, pemerintah berharap dalam pengembangannya semua potensi yang ada di desa dapat tersampaikan melalui website itu.


Tamzil menambahkan, program smart kampung ini juga merupakan salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia yang ada di pemerintahan desa dan lebih memudahkan lagi masyarakat dalam mendapatkan informasi.


Disisi lain, saat ini sudah menuju sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), sehingga diharapkan semua desa dan kelurahan maupun kecamatan bisa melaksanakan program SPBE ini.


Dalam rapat RDP ini, Tamzil Binawan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Aptika Diskominfo Sinjai, Muhammad Takdir, Pranata Komputer Ahli Muda, Haryanti Arief, dan Muhammad Rusyaid


Pada rapat RDP yang dipimpin Ketua Komisi III DPRD Sinjai H. Akmal juga menghadirkan Dinas Perindag dan ESDM yang membahas Pasar Sentral Sinjai pasca mengalami kebakaran.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI