71 CPNS lingkup Pemkab Sinjai Ikuti Latsar, Ini Penekanan Bupati ASA

3/07/2022 | 16:57 WIB

Bagikan:

 

71 CPNS lingkup Pemkab Sinjai Ikuti Latsar, Ini Penekanan Bupati ASA

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, menggelar Pelatihan dasar (Latsar) CPNS Golongan III angkatan I dan II. Kegiatan ini dikerjasamakan dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Makassar, di Kota Makassar, Senin, (7/3/2022).


Latsar yang diikuti 71 CPNS lingkup Pemkab Sinjai ini dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) secara virtual.


Dalam sambutannya, Bupati ASA menjelaskan, Latsar ini merupakan upaya sipil pengembangan negara berdasarkan Undang-undang (UU) Aparatur Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dimana setiap PNS berhak memperoleh pengembangan kompetensi.


Termasuk UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang menyebutkan ASN harus memenuhi persyaratan kompetensi teknis, Manajerial, Sosio Cultural dan kompetensi pemerintahan.


"Jadi ini upaya pemenuhan kebutuhan kompetensi PNS dengan standar kompetensi dan peraturan jabatan rencana pengembangan karier. Setiap PNS memiliki hak yang sama untuk mengikuti kompetensi," ungkapnya.


Dalam kesempatan itu, Bupati ASA turut menekankan, tujuh fondasi budaya kerja yang harus diperhatikan sebagai implementasi dukungan terhadap program Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang ASN "BERAKHLAK".


Ketujuh fondasi budaya kerja itu diantaranya Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.


"Melalui ini CPNS kedepan harus mampu menyeimbangkan harapan dan ekspestasi organisasi terhadap dirinya dengan terus meningkatkan kinerja secara terus menerus serta selalu belajar untuk meningkatkan kapasitas," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Aparatur (BKPSDMA) Sinjai, Lukman Mannan membeberkan Latsar CPNS golongan III angkatan I dan II akan dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan lamanya.


"Latsar CPNS angkatan I dan II ini pelaksanaannya 7 Maret sampai 19 Mei 2022 mendatang," kata Lukman yang juga mantan Sekretaris DPRD Sinjai ini.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI