Bekali Mahasiswa, Prodi PBA IAIN Bone Gelar Pelatihan Microteaching

6/27/2022 | 23:59 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.Com--Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone melaksanakan pembekalan microteaching sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai generasi pendidik di masa akan datang.


Kegiatan yang bekerjasama dengan Badan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS-PBA) berlangsung selama tiga hari dimulai 24 sampai 26 Juni 2022 bertempat di aula Unit Bahasa IAIN Bone.


Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Maria Ulfah Syarif dalam sambutannya mengatakan, kebijakan yang diluncurkan oleh Mendikbudristek dalam era merdeka belajar mendorong mahasiswa untuk membangun kolaborasi melalui berbagai sarana dan fasilitas.


Salah satunya fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, sarana belajar serta dapat mengakses informasi yang akan membantu peningkatan kualitas pembelajaran. "Dan memang tidak dapat dipungkiri penguasaan pemanfaatan media pembelajaran adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pengajar," kata Maria Ulfa.


Beliau berharap agar para peserta termasuk panitia pelaksana pelatihan agar benar-benar mengaplikasikan semua materi yang telah diterima selama pelatihan, sebagai bekal untuk menjadi pengajar bahasa Arab yang unggul dan profesional di masa yang akan datang.


“Saya yakin para pemateri telah memberikan hal yang baru sehubungan dengan metode dan pemanfaatan teknologi dalam membuat media pembelajaran," tambahnya.


Olehnya itu. "Ditargetkan satu peserta wajib menyetor satu media pembelajaran paling lambat 3 hari setelah pelatihan ini melalui Google Class Room saya. Kalau kalian mau sukses menjadi pengajar Bahasa Arab yang unggul dan profesional dalam menciptakan proses pembelajaran dengan hasil pembelajaran yang lebih maksimal," tambahnya.


Maka kalian harus sedari kini menghasilkan karya baik berupa materi panduan maupun media pembelajaran. Agar kelak kalian setiap saat siap sedia mengajar memaparkan materi. Bismillah kalian pasti Bisa,” ujarnya membakar semangat  para peserta.


Kegiatan itu menghadirkan tiga pemateri yaitu Hastang Nur, SPdI., MPdI dengan materi Pembelajaran Bahasa Arab, Husnaeni dengan materi Power Point dan Canva, dan materi Rekam Layar dengan Bandicam yang dibawakan langsung Ketua Prodi PBA IAIN Bone.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI