Dua Sentra Industri di Sinjai Segera Diresmikan, Siap Tampung Ratusan Tenaga Kerja

Sentra Industri Logam. Salah satunya sentra industri yang dibangun Bupati Sinjai Andi Seto Asapa.

INSTINGJURNALIS.COM
  Sentra industri logam yang terletak Desa Lamatti Riattang Kecamatan Bulupoddo, dan sentra industri pengolahan hasil peternakan di Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan, segera diresmikan.


Jika tak ada aral melintang, dua sentra industri itu rencananya bakal diresmikan langsung Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) diakhir Januari 2023 mendatang.


Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Energi Sumber Saya Mineral (Disperindag dan ESDM) Sinjai, Muh. Saleh mengatakan, pihaknya telah melakukan pendampingan kepada pelaku usaha industri bagaimana memanfaatkan peralatan yang pemerintah siapkan. Sebab, kelompok yang dibina nantinya akan melakukan jenis usaha.


"Untuk industri logam kita membina 10 kelompok pelaku usaha. Hasilnya nanti akan mendukung industri pertanian seperti alat-alat pertanian, disamping itu juga ada alat-alat rumah tangga. Dari seluruh kelompok yang kita bina ini didalamnya terdapat kurang lebih 80 tenaga kerja yang dipekerjakan oleh masing masing kelompok," ungkapnya, Senin (9/1/2023).


Sedangkan, sentra industri pengolahan hasil peternakan membina 19 pelaku usaha yang mengolah beberapa hasil peternakan seperti ayam, daging sapi sampai pada pengolahan kulitnya, juga termasuk limbah tulangnya. Sentra ini menyerap tenaga kerja sekitar 150 orang.


"Mudah mudahan sama dengan yang ada di industri perikanan yang mengolah limbah ikan menjadi pakan ternak. Harapan kita dengan adanya seperti ini mereka bisa terdorong bisa meningkatkan pendapatannya," ujarnya.


Pemerintah tambah, Muh. Saleh tidak hanya melakukan pembinaan sampai penyediaan tempatnya, tapi pihaknya juga melakukan pendampingan sampai ke ijin-ijin mereka (pelaku usaha). Bahkan pemerintah melakukan pendampingan dengan bekerja sama dengan Balai POM dengan industri yang ada sampai di pemasaran. (Satria)


Bagikan :
RajaBackLink.com