TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab Sinjai Fasilitas Sertifikasi, Tukang Batu Ini Berterima Kasih

 


INSTINGJURNALIS.COM - Tukang di Bumi Panrita Kitta, julukan daerah Kabupaten Sinjai patut bersyukur. Pasalnya, beberapa tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memberikan ruang untuk mengikuti pelatihan sertifikasi.


Seperti yang diungkapkan, Nurholiq. Dia bersyukur karena pelatihan uji sertifikasi yang telah dilaksanakan pemerintah sangat membantu tukang-tukang yang ada di Sinjai untuk memperoleh sertifikat keterampilan kerja.


"Alhamdulillah kami dari tukang-tukang dikasi kesempatan untuk mengikuti pelatihan kompetensi. Jadi sangat membantu tukang-tukang yang ada di Kabupaten Sinjai memperoleh sertifikat, khususnya tukang-tukang yang belum memiliki sertifikat," ungkapnya usai menerima sertifikat di Kantor Dinas PUPR Sinjai, Rabu, (18/1/2023).


Tukang bata asal Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara ini menuturkan, profesi yang digelutinya itu sudah berlangsung puluhan tahun. Hanya saja, baru tahun 2023 memperoleh sertifikat setelah mengikuti pelatihan pada tahun 2022 lalu.


"Saya Tukang batu, sudah puluhan tahun tapi, baru mengambil sertifikat ini dan sudah banyak yang memiliki sertifikat kompetensi. 

Alhamdulillah pemerintah sangat perhatian dengan tukang-tukang kecil di sini (Sinjai-read)," pungkasnya.


Pelatihan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi yang dilaksanakan itu menggandeng Balai Jasa Konstruksi wilayah VI Makassar.


Program tersebut, merupakan salah satu program Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM), khusus tenaga kerja konstruksi, sekaligus tertuang dalam rencana strategis (Renstra) Pemkab Sinjai.


Kepala Dinas PUPR Sinjai, H. Haris Achmad mengatakan bahwa, pihaknya memang menargetkan melakukan pelatihan terhadap 100 tenaga kerja pertahunnya. Pada tahun 2023 Dinas PUPR kembali menganggarkan untuk pelatihan tersebut.


"Insya Allah tahun 2023 ini kita target 100 tenaga kerja lagi, dan di prioritaskan untuk aplikator baja ringan, nanti langsung dilakukan praktek," kata Haris.



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0