TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Sempat Viral, Jembatan Bambu Reyot Akses Siswa Ke Sekolah di Sinjai Selatan Jadi Perhatian Bupati ASA

 

Jembatan bambu yang sempat viral dilalui siswa yang hendak ke sekolah. (Sat)

INSTINGJURNALIS.COM   -   Akses warga dan siswa menuju dua desa yakni Dusun Bonto, Desa Songing dan Dusun Mattoanging, Desa Polewali, kecamatan Sinjai Selatan, itu bakal dibangun tahun ini juga.


Jembatan bambu Reyot ini mendapat perhatian serius Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa setelah viral di media sosial. Rencananya, tahun ini bakal dibangun jembatan semi permanen atau jembatan gantung.


Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai, H. Haris Achmad dalam kunjungannya melihat kondisi jembatan bambu di Desa Songing, Sabtu (4/1/2023) sore.


Menurut Haris, jembatan semi permanen (gantung) yang akan dibangun merupakan jembatan alternatif sepanjang kurang lebih 50 meter untuk memperpendek jarak warga beraktivitas. Dibanding harus memutar sejauh 5 Kilometer (Km), jika harus melalui jalan poros utama.


Selain itu perbaikan jembatan ini sekaligus untuk memudahkan siswa menyebrang ke sekolah. "Melihat kondisi yang ada kita akan bangun jembatan semi permanen (gantung). Langkah ini sesuai petunjuk bapak Bupati (ASA Read) yang memerintah kami untuk melihat langsung kondisi jembatan bambu," katanya.


Sementara untuk pembangunan jembatan permanen, membutuhkan perencanaan dan waktu yang lama atau menunggu hingga tahun depan. Apalagi status jalan di dua desa tersebut masih status jalan desa, bukan jalan Kabupaten.


Haris mencontohkan, jika jembatan permanen yang dibangun, maka diperlukan musyawarah atau kesepakatan dengan warga sebagai pemilik lahan untuk pembangunan jembatan tersebut.


"Jadi jembatan semi permanen (Gantung) yang bakal dibangun ini adalah akses alternatif untuk memperpendek jarak warga beraktivitas. Apalagi telah ada jembatan di poros utama penghubung Songing - Polewali. Insya Allah secepatnya bisa kita realisasikan," jelasnya.


Sementara itu, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi yang ikut melihat ke lokasi, mengaku akan mendukung seluruh kebijakan pembangunan yang akan dilakukan Pemkab Sinjai.


"Tentu kami dari TNI akan mendukung dan ikut memaksimalkan pelaksanaan pembangunan yang akan dilaksanakan, sama seperti perencanaan pembangunan jembatan semi permanen disini," pungkasnya.


Peninjauan lokasi jembatan bambu viral di media sosial beberapa waktu lalu ini juga dihadiri Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib, Kepala Desa Songing, Ahmad, kepala desa Polewali Mazlan serta tokoh masyarakat setempat. (Satria)





BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.