TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Bupati ASA Gelontorkan Rp107,4 Miliar untuk Pembangunan di Sinjai Barat

 


INSTINGJURNALIS.COM  Alokasi anggaran pembangunan di kecamatan Sinjai Barat di tahun 2023 sebesar Rp9,61 Miliar lebih. Anggaran sebesar ini bakal mengcover sejumlah program strategis seperti Pendidikan, Pekerjaan Umum, Peternakan hingga program keagamaan.


Hal tersebut ditegaskan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) pada Musrenbang RKPD 2024 di aula kantor kecamatan Sinjai Barat, Selasa (28/3/2023)


Menurut Bupati ASA, kegiatan strategis yang dilaksanakan di kecamatan Sinjai Barat di tahun 2023 berupa rehabilitasi 5 paket Jaringan Irigasi (D.I) yaitu D.I. Bonto Sunggu, D.I Buke II, D.I Esa Songka, D.I Nyenyeng Toa, dan D.I Lestari dengan alokasi anggaran Rp3,83 miliar.


Bidang pertanian dianggarkan Rp2,1 Miliar lebih untuk Pembangunan Unit Pengeolahan Hasil Pertanian, bantuan Cultivator, pompa air dan Rehabilitasi Jalan Usaha Tani, serta rehabilitasi Puskeswan, Pembangunan Pabrik Pengolahan Pakan Silase dan Bantuan Ternak Sapi sebesar Rp1,3 miliar.


Program strategis lainnya di bidang pendidikan yang dianggarkan sebesar Rp1,9 Miliar lebih untuk pembangunan pagar, laboratorium perpustakaan, rehabilitasi gedung, ruang UKS dan ruang kelas beserta meubelernya, dan toilet sekolah,


"Ini sudah termasuk pengadaan sarana pembelajaran, pengadaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi untuk SD dan SMP. Selain itu dianggarkan pembangunan pagar, area bermain, dan pengadaan alat permainan edukatif untuk PAUD -TK," pungkasnya pada Musrenbang Kecamatan Sinjai Barat, Selasa (28/3/2023)


Di hadapan peserta Musrenbang, Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai, ini juga menyebutkan pengadaan paket ikan air tawar yang dianggarkan sebesar Rp200 juta. Termasuk menganggarkan program unggulan di bidang keagamaan yakni pemberian hibah rehabilitasi untuk 5 buah masjid di Kecamatan Sinjai Barat.


"Total tahun ini ada sekitar Rp9,61 Miliar yang kita anggarkan di APBD. Kami atas nama pemerintah daerah masih tetap mempertahankan dan melanjutkan seluruh program strategis, utamanya yang menyangkut kepentingan dan kebutuhan masyarakat Sinjai," pungkasnya.


Jika diakumulasi dari empat tahun program pembangunan yang telah dilaksanakan dengan alokasi anggaran yang disiapkan di tahun 2023, maka total APBD yang dikucurkan untuk pembangunan di kecamatan Sinjai Barat adalah sebanyak Rp107,4 miliar lebih.


"Empat tahun terakhir Rp98,4 miliar ditambah Rp9,61 Miliar maka secara keseluruhan anggaran yang kita gelontorkan untuk mendukung pembangunan di kecamatan Sinjai Barat totalnya Rp107,4 miliar lebih," pungkasnya.


Alumni Monash University, Australia ini berharap pembangunan yang telah dilaksanakan di kecamatan Sinjai Barat pada khususnya dapat dinikmati dan manfaatkan oleh masyarakat.


Terlebih, kata dia dukungan masyarakat Sinjai Barat dengan program strategis yang bakal dilaksanakan di tahun 2023 sangat penting sehingga program pembangunan betul-betul tepat sasaran. **Satria 




BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0