TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Bupati ASA Sebut Capaian Indikator Makro Ekonomi di Sinjai Baik

 


INSTINGJURNALIS.COM Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka pembahasan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024 tingkat Kecamatan di Kabupaten Sinjai mengusung tema Pembangunan Ekonomi Inklusif untuk Pemerataan Pembangunan yang Berkelanjutan.


Melalui tema itu, diharapkan mampu meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel dan inovatif,  meningkatkan sumberdaya manusia, meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan merata, meningatkan produktivitas dan nilai tambah produk unggulan daerah melalui pengembangan wilayah dan hilirisasi.


Selain itu, peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkualitas dan merata, dan pembangunan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan, serta tetap memberikan dukungan program pada bidang keagamaan. 


Musrenbang RKPD Tahun 2024 ini, telah berlangsung dibeberapa Kecamatan diantranya Kecamatan Tellulimpoe dan Sinjai Timur. Khusus pada Jumat, (24/3/2023) hari ini berlangsung di Kecamatan Sinjai Utara. 


Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) saat membuka Musrenbang ini menyampaikan capaian program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan khususnya di Kecamatan Sinjai Utara. 


Bahkan, capaian yang menggembirakan yang telah diraih oleh Pemerintah selama periode 2018-2023 yakni, capaian indikator makro ekonomi disampaikan Bupati ASA.


"Berdasarkan data BPS yang sudah dirilis, pada awal periode kami, angka pengangguran pada angka 1,95 persen pada tahun 2018 dan sempat naik mencapai 2.65 persen pada tahun 2020 akibat pandemi, kemudian turun ke 1,8 persen pada tahun 2022, jauh melampaui Provinsi dan Nasional Tahun 2022 yaitu 4,51 persen dan 5,68 persen," ungkapnya.


Begitu pula pada angka kemiskinan dalam 5 tahun terakhir kita mampu turunkan dari 9,28 persen pada tahun 2018 turun menjadi 8,8 persen pada tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi Sinjai tumbuh dari 1,55 persen pada tahun 2020 menjadi 4,87 persen pada tahun 2022.  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita meningkat dari 66,24 pada tahun 2018 menjadi 68,33 pada tahun 2022.   


"Saya berharap trend peningkatan capaian kinerja tersebut akan tetap dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.


Pada pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2024 Kecamatan Sinjai Utara, turut dihadiri anggota DPRD Sinjai dari dapil I, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Sinjai. Hadir juga para Lurah se-Kecamatan Sinjai Utara, Kepala Sekolah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan beberapa unsur terkait lainnya. **Satria 



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0