TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Jembatan Gantung Selesai, Warga Biroro - Massaile Kini Nyaman Menyeberang Sungai

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Satu lagi infrastruktur jembatan dituntaskan pembangunannya di tahun 2023. Jembatan jenis gantung yang berdiri kokoh di atas sungai yang membatasi dua desa di dua kecamatan itu, kini telah diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Rabu (3/5/2023) sore.


Jembatan yang membentang dengan panjang 60 meter itu, menjadi akses bagi warga Desa Biroro, kecamatan Sinjai Timur dan Desa Massaile, kecamatan Tellulimpoe. Jembatan ini diberi nama jembatan gantung ARA (Andi Rudiyanto Asapa) Biroro - Massaile.


Kehadiran jembatan gantung ARA Biroro - Massaile tak dipungkiri memberikan dampak positif bagi mobilitas warga di dua desa tersebut. Hal demikian diungkapkan Kepala Desa Biroro, Muslimin disela-sela peresmian jembatan gantung.


Dia meyakini, kini warganya bersama warga Desa Massaile ataupun warga dari luar kedua desa kini bisa mengakses dan merasakan jembatan yang aman untuk dilalui. Berbeda halnya dengan jembatan sebelumnya yang sangat membahayakan keselamatan warga.


Ditambah lagi, kondisi jembatan yang hanya terbuat dari bambu yang disusun dan diikat, sangat tidak memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan roda dua. Apalagi kedalaman sungai mencapai 20 meter lebih. Kondisi ini telah berlangsung hingga belasan tahun lamanya sejak banjir bandang tahun 2006 lalu melanda kabupaten Sinjai.


"Alhamdulillah, sudah diresmikan oleh pak Bupati. Jembatan gantung ini akan sangat berdampak positif bagi aktivitas warga di dua desa, termasuk warga kami (Biroro read). Kami tentu sudah sangat nyaman menyeberang," pungkasnya.


Muslimin menjelaskan lebih jauh, bahwa awalnya pembangunan jembatan ini diusulkan saat Bupati ASA bertandang ke Ponpes Darul Istiqamah Biroro tahun 2021 lalu. Dari situlah gagasan membangun jembatan gantung dimulai.


"Awal mulanya Bapak Bupati hadir di wisuda tahfidz Qur'an di Ponpes Biroro, pada saat itu Pak Bupati bertanya akses-akses antara desa Biroro dan kecamatan dimana dan kami bahas bersama ketua DPRD dan pak Dandim, dan akhirnya hari ini bisa kita lihat dan mulai kita nikmati," tambahnya.


Karena itu, Muslimin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, terkhusus Bupati ASA yang telah memperhatikan keluhan dan keinginan masyarakat. "Terima kasih kepada pak Bupati, akhirnya jembatan yang nyaman sudah lama kita nantikan bisa dibangun dan bisa kita nikmati tahun ini," jelasnya.


Terpisah, sejumlah warga juga turut menyampaikan rasa syukurnya dengan hadirnya jembatan gantung tersebut. "Alhamdulillah, sudah tidak takut lagi menyeberang kesebelah. Adami jembatan baru, dibandingkan jembatan lama yang sebenarnya sudah tidak layak dipakai," pungkas Haeruddin.


Jembatan gantung ARA Biroro - Massaile sendiri merupakan program pembangunan pemerintah daerah yang bekerjasama dengan pihak Bank BRI Cabang Sinjai, Kodim 1424 Sinjai serta tim vertikal rescue dari Bandung Jawa Barat (Jabar).


Pada peresmian jembatan gantung tersebut turut hadir Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Forkopimda, kepala OPD serta camat Tellulimpoe dan tokoh masyarakat setempat.





BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0