TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Kemkominfo - Disdik Sinjai Gagas Program Literasi Digital, Sasarannya Pelajar

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Kementerian Kominfo akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai untuk melaksanakan program literasi digital.


Sasaran program literasi digital ini menyasar pelajar, guna meningkatkan kapasitas literasi digital di kalangan pelajar.


Perwakilan dari Ditjen Aptika Kemkominfo RI, Agiesya mengatakan program ini telah berjalan selama dua tahun terakhir yang telah menyasar pemerintah Provinsi.


Di tahun ketiga pelaksanaan program tahun ini, Kemkominfo melakukan perluasan dengan mulai menyasar di tingkat Kabupaten, salah satunya di Kabupaten Sinjai.


“Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk mendorong penggunan internet secara massif, produktif, cerdas dan kreatif bagi anak didik kita. Sehingga dalam menggunakan internet mereka tidak terjerumus dalam hal negatif,” ungkapnya saat menghadiri rapat di di Aula Handayani Disdik Sinjai, Selasa (16/5/2023)


Lebih jauh dikatakan, kegiatan dalam bentuk webinar ini akan menyuguhkan materi yang didasarkan pada 4 pilar utama Literasi Digital, yaitu keamanan, kecakapan digital, etika digital dan budaya digital.


Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023 mendatang dengan melibatkan seluruh siswa mulai dari jenjang SD hingga SMP sederajat yang ada di Sinjai.


“Jadi nantinya masing-masing di satuan pendidikan melakukan nonton bareng (nobar) untuk menyaksikan materi 4 pilar ini dari para narasumber dengan durasi dua jam. Kita juga siapkan hadiah untuk 10 siswa yang beruntung dengan pertanyaan terbaik,” tandasnya.


Sementara itu, Kepala Disdik Sinjai Irwan Suaib, menyampaikan apresiasi dan bangga, karena telah memilih Kabupaten Sinjai sebagai pelaksanan program dari Kementerian Kominfo RI.


“Terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang sudah memilih Sinjai sebagai salah satu lokus kegiatan program ini. Yang jelas bahwa Sinjai siap melakukan kerjasama dan bermitra dengan Kemkominfo terkait pengembangan literasi digital di Indonesia, khususnya di Sinjai,” jelasnya.


Mantan Kepala Bappeda Sinjai ini, berharap kepada seluruh pelajar yang ada di Sinjai dapat mengikuti program ini sehingga bisa lebih memahami dan menambah wawasan pengetahuan literasi digital.


“Kita ketahui bahwa zaman hari ini tantangan di era digital bukan hanya menyasar pelaku usaha, perbankan dan ASN yang harus melek digital. Tetapi dunia pendidikan khususnya pelajar dituntut untuk memahami digitalisasi sehingga dia tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif,” kuncinya. **Satria 11111



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0