TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tingkatkan konektivitas internet, Indonesia kerjasama SpaceX luncurkan satelit oleh roket Falcon 9

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Perusahaan roket Indonesia dan Elon Musk, SpaceX, pada Senin meluncurkan satelit telekomunikasi terbesar di negara itu dari Amerika Serikat, dalam proyek senilai $540 juta yang dimaksudkan untuk menghubungkan sudut-sudut terpencil nusantara ke internet.


Kira-kira dua pertiga dari 280 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan internet, tetapi konektivitas terbatas di pulau-pulau timur yang jauh dan terbelakang di negara Asia Tenggara itu.


“Teknologi satelit akan mempercepat akses internet ke desa-desa di daerah yang tidak terjangkau fiber optik dalam 10 tahun ke depan,” kata Menkopolhukam Mahfud MD, dalam pernyataan menjelang peluncuran.


Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) seberat 4,5 ton dibangun oleh Thales Alenia Space dan dikerahkan ke orbit dari Florida oleh roket Falcon 9 SpaceX, yang kemudian kembali ke lokasi lepas pantai dalam pendaratan presisi.


Satelit tersebut akan menempati slot orbit di atas wilayah Papua bagian timur Indonesia. Ini memiliki kapasitas throughput 150 gigabyte per detik dan akan menyediakan akses internet ke 50.000 titik layanan publik, kata pemerintah Indonesia.


Proyek ini merupakan kemitraan publik-swasta antara pemerintah dan penyedia layanan satelit Indonesia PT Satelit Nusantara Tiga.



BERITA LAINNYA SAKSIKAN DI INSTING JURNALIS TV dan YOUTUBE INSTING JURNALIS

Komentar0