TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Panaikang Masuk Nominasi di Ajang Promosi Desa Wisata Nusantara 2023

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS] -  Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai menorehkan prestasi yang luar biasa di tahun 2023. Desa ini telah diakui sebagai salah satu contoh Desa yang sukses dalam kategori "Maju dan Mandiri" dalam promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2023. 


Pada ajang ini, Desa Panaikang masuk sebagai kategori II desa maju dan mandiri. Karena itu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan wawancara dan presentasi secara daring, Kamis (12/10/2023) di Command Centre Rumah Jabatan Bupati, 


Direktur jenderal pembangunan desa dan perdesaan, Sugito dalam sambutannya menyampaikan  bahwa hal ini merupakan upaya dalam menggerakkan perekonomian yang ada di desa dengan mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa.


Lomba Desa Nusantara juga sebagai ajang promosi wisata desa dengan memperkenalkan potensi yang ada di desa, karena perkembangan wisata di desa menjadi kondisi tren saat ini.


Terpisah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Yuhadi Samad menyampaikan bahwa pihaknya telah menyampaikan kepada 21 desa di Sinjai untuk mengusulkan desanya masing-masing namun yang memenuhi persyaratan hanyalah desa Panaikang.


"Sebenarnya semua desa wisata kita harapkan berpartisipasi, tetapi ternyata yang memenuhi kriteria hanya beberapa desa yang memasukkan dan telah diumumkan untuk 45 besar dan hanya Desa Panaikang yang masuk dalam ketegori 45 besar itu," ungkapnya.


Dia mengungkapkan bahwa, semua desa yang memiliki kewenangan untuk mengusulkan, Pemkab hanya menyampaikan kepada seluruh desa wisata di Kabupaten Sinjai untuk berpartisipasi.


Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, Andi Irwansyahrani Yusuf, berharap dengan masuknya desa Panaikang diantara 45 desa di Nusantara di kategori Maju dan Mandiri, desa Panaikang bisa masuk ke-15 besar. 


"Kita berharap setelah presentasi ini Desa Panaikang bisa masuk dalam 15 besar dan setelah itu akan dilakukan kunjungan dan verifikasi langsung di lapangan," ujarnya.


Pada pembukaan pada pagi tadi, kegiatan ini turut dihadiri Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Tamzil Binawan, Kadis Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai, Mansur, kepala desa Panaikang, Bahtiar. (*)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0