TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tim P3E Suma Kementerian LHK Berkunjung ke Sinjai, Bahas Pengelolaan Sampah

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS] - Rombongan dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma), lembaga yang berada dibawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan ke Kabupaten Sinjai.


Mereka diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sosial dan SDM Setdakab Sinjai, Andi Mandasini di kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai, Jalan Persatuan Raya Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (31/10).


Perwakilan dari P3E Suma Kementerian LHK, Andi Samra Salam membeberkan bahwa tujuannya datang ke Kabupaten Sinjai untuk mendorong pemerintah daerah dalam hal pengelolaan sampah.


"Terkait dengan pengelolaan sampah, kami akan membuatkan rekomendasi bagaimana melakukan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Kalau bisa di TPA itu tidak ada masuk sampah di sana," bebernya.


Selanjutnya, pihak P3E Suma juga mendorong pemerintah daerah terkait status lingkungan hidup dari Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH).


IKLH merupakan indikator kinerja pengelolaan lingkungan hidup secara nasional yang dapat digunakan sebagai bahan informasi untuk mendukung proses pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.


"Status lingkungan hidup yang kami maksud itu, tahun lalu semua daerah memiliki status dari IKLH dan itu sudah diekspose secara nasional. Salah satu tujuan kami disini adalah mendorong percepatan pencapaian target IKLH," jelas Samra.


Kemudian, yang menjadi perhatian dari P3E Suma saat kunjungannya ke Kabupaten Sinjai adalah adanya Laboratorium Lingkungan yang dimiliki DLHK Sinjai dalam mendukung pengelolaan lingkungan hidup. Karenanya itu, Andi Samra mendorong agar Laboratorium Lingkungan bisa terakreditasi.


Hadirnya rombongan dari P3E Suma Kementerian LHK mendapat respon positif dari Kepala Dinas LHK Sinjai H. Sofwan Sabirin.


Melalui pertemuan ini, ia akan terus membuka komunikasi dan koordinasi dengan P3E Suma, khususnya dalam hal pendampingan kepada masyarakat untuk pengelolaan sampah ke depan.


Pertemuan tersebut juga dihadiri pula Sekretaris DLHK Sinjai Dr. Pagga Kantor, Kepala Laboratorium Lingkungan Hidup, para Kabid dan pejabat fungsional lingkup DLHK Sinjai. Hadir juga Kabid Fasilitasi Pengendalian Pembangunan Ekoregion P3E Suma.


Dalam kunjungannya ini, P3E Suma Kementerian LHK juga meninjau kondisi TPA Sampah di Tondong Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur. Serta meninjau UPTD Laboratorium Lingkungan DLHK Sinjai. (HMS)




BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0