TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Anggota Komisi IV DPR Diperiksa KPK, Berstatus Saksi Kasus Pemerasan SYL

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]     -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Vita Ervina sebagai saksi kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan kawan-kawan pada hari ini, Selasa (28/11).


"Saksi Vita Ervina. Yang bersangkutan sudah hadir pukul 10.30 WIB dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh tim penyidik," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (28/11).


Selain itu, tim penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap lima saksi lainnya yang mayoritas berasal dari Kementan.


Mereka ialah Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi; Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto; Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Zulkifli; Sekretaris Pribadi Sekretaris Jenderal Merdian Tri Hadi; dan Direktur PT Indo Raya Mitra Persada 168 Atik Chandra.


Sebelumnya, pada Rabu (15/11), KPK menggeledah rumah dinas Vita Ervina. Tim penyidik menemukan dan mengamankan catatan dokumen dan bukti elektronik terkait kasus dugaan korupsi SYL dkk.


Penyidik KPK sudah lebih dulu menggeledah rumah kediaman Ketua Komisi IV DPR RI yang juga dari Fraksi PDIP Sudin di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Sudin sudah diperiksa KPK sebagai saksi.


KPK memproses hukum SYL atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). SYL sudah ditahan KPK.


KPK juga memproses hukum dua orang anak buah SYL di Kementan RI atas kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi.


Mereka ialah Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.


Para tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf e dan Pasal 12 huruf B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.


Teruntuk SYL juga disangkakan melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 UU 8/2010 tentang TPPU.



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0